Cerita Wisata Religi Banten Lama dan Pantai Anyer di Provinsi Banten

Provinsi Banten. Foto Pelitabanten.com (Istimewa)

SERANG, Pelitabanten.com — Banten adalah provinsi strategis di negara republik Indonesia, letaknya berada diperairan selat Sunda yang menjadi transfortasi laut internasional dengan luas 9.662,82 kilometer persegi.

Provinsi Banten memiliki sumberdaya alam sangat besar salah satunya potensi wisata sejarah peradaban Islam dan alam pantai yang indah hingga layak jadi destinasi wisata pilihan wisatawan.

Sebagai informasi, Provinsi Banten memiliki 8 kota/kabupaten yaitu Kota Serang, Kota Cilegon, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Pandegelang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang.

Pelitabanten.com kali ini berkesempatan melakukan Eksplore Wisata Banten di dua wilayah yaitu Kawasan Kota Serang dan Kabupaten Serang. Jum’at – Minggu 20-22 November 2020.

Wisata Religi Banten Lama Kota Serang

 

Kawasan Wisata Banten Lama, Sultan Maulana Hasanudin, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

Kota Serang adalah ibukota provinsi Banten, dengan luas 266,74 kilometer persegi salah satunya ikon nya adalah kawasan wisata Religi kawasan Banten lama.

Lokasi wisata ziarah di Provinsi Banten ini sempat lesu Karna pandemi covid-19 Namun, kini memasuki era new normal, para peziarah dan pecinta kuliner khas Banten sudah mulai dapat menikmati kekayaan sejarah peradaban kesultanan ini dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 ketat.

Revitalisasi di kawasan Banten lama yang dilakukan Gubernur Banten saat ini H. Wahidin Halim mempercantik dan semakin megah terlihat dengan arsitektur seperti kota Madinah Arab Saudi, destinasi wisata religi ini disebut sebagai ikonnya Provinsi Banten.

Dikawasan Banten Lama yang berlokasi di Kecamatan Kasemen ini Nampak Masjid Agung Banten tetap berdiri sama seperti pada masanya, Kanal Banten masih dalam pembangunan, ruang publik dan ruang terbuka hijau mulai tertata, ada taman bermain anak, pedagang kaki lima khas Banten mulai tertata rapih, termasuk tempat parkir kendaraan yang aman dan nyaman.

“Dari Februari awal covid-19, pengunjung atau pewisata ziarah menurun drastis, mungkin karena rawan dan khawatir virus. Tapi awal Oktober sudah mulai kembali ramai karena memang sudah memasuki era new normal, tetap terapkan protokol kesehatan secara ketat, 3 M,” kata Tour Guide Eksplore Wisata Banten Kawasan Banten Lama, Sudirman kepada para peserta Press Tour itu. Sabtu (21/11/2020) sore.

Makam Sultan Maulana Hasanuddin, yakni sosok yang berpengaruh dalam penyebaran Islam di Banten menjadi lokasi utama yang dikunjungi para peziarah yang tidak hanya dari Banten ada juga yang berasal dari luar provinsi Banten, seperti Jakarta, Jawa dan Lampung. Masih juga disekitaran lokasi terdapat makam lain yang dikenal pada masa kesultanan Banten yaitu Sultan Aliyuddin.

Berwisata religi dan Kuliner dikawasan Banten lama bisa dilakukan kapan saja pagi, siang, sore atau malam untuk bisa menikmati keindahan lampu hias menara disekitaran Lokasi.

Benteng Speelwijk, Sejarah Pemerintahan Belanda di Tanah Banten. Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

Di kawasan Banten lama ada terdapat Benteng Speelwijk, merupakan destinasi wisata yang telah dikenal masyarakat sebagai tempat wisata yang memiliki kaitan erat dengan masa kejayaan VOC Belanda di Indonesia.

Terdapat Vihara Avalokitesvara, merupakan suatu tempat yang dipisahkan dengan sebuah sungai yang hampir kering. Konon katanya keberagaman agama sudah ada sejak dulu, teloransi muslim dan non muslim terjalin erat bahkan sejarah mencatat sultan Maulana Hasanudin juga memperistri salah satu bangsa cina kala itu.

Benten Speelwijk dan Vihara Avalokitesvara bisa jadi destinasi wisata sejarah yang akan memberikan pengetahuan yang lebih tentang sejarah pemerintahan Belanda di Indonesia khususnya di Banten.

“Sekarang kawasan ziarah Banten lebih rapih yah, tertata dan lebih terlihat aman dan nyaman,” kata Adi wisatawan asal Jakarta Timur kepada Pelitabanten.com.

Pantai Anyer Kabupaten Serang

Pesona Pantai Anyer Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

Tingkat kunjungan wisatawan ke Pantai Anyer dan sekitarnya di Kabupaten Serang, sudah mulai nampak kembali menggeliat meskipun masih dalam kondisi pandemi serta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Banten.

Tingkat hunian kamar hotel dikawasan wisata pantai selat Sunda ini sudah mulai penuh saat libur weekend, Sabtu dan Minggu.

Hotel dan Wisata Murah

Wisatawan pecinta suasana laut lepas dapat memilih hotel untuk keluarga di bibir pantai dengan harga yang kompetitif termasuk makan-makanan khas laut berjajar sepanjang pinggir pantai.

Peserta Press Tour yang digagas Gubernur Banten, Wahidin Halim 20-22 November 2020 berkesempatan menginap di Hotel Marbela Anyer.

Tepat dipinggir pantai, wisatawan dapat menikmati wisata air banana boat, donnut, jetsky, motor cross dan wisata kuliner lainnya.

Jangan Lupa berswa foto sebagai kenang-kenangan saat berwisata di tanah para jawara, Provinsi Banten di bawah kepemimpinan Gubernur Wahidin Halim akrab disapa WH Banten Maju.