Pentingnya Penggunaan Bahasa Inggris bagi Pelaku Pariwisata

gunung bromo national park
ILUSTRASI (Kukuh Napaki/Unsplash)

Pelitabanten.com – Industri wisata di Indonesia tengah berkembang pesat. Keindahan alam serta banyaknya destinasi wisata di Indonesia menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang banyak dikunjungi.Banyak upaya yang sudah dilakukan dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata di Indonesia baik dalam hal sarana maupun prasarana dan juga kualitas sumber daya manusuia yang harus di perhatikan. Dalam pengembangan SDM mungkin banyak orang bertanya maksud dari pengembangan sumber daya manusia.Apa manfaat dari pengembangan SDM dalam dunia pariwisata?

Ragam Manfaat Jika Fasih dalam berbahasa Inggris

Seiring berkembangnya pariwisata di Indonesia sehingga terkenal di mata dunia otomatis akan banyak turis mancanegara yang akan berkunjung dan salah satu cara pengembangan SDM adalah dengan belajar dan membiasakan berkomunikasi menggunakan bahasa inggris. Dengan fasih berbahasa inggris kita akan lebih mudah berkomukasi dengan wisatawan sehingga akan membuat kita merasa lebih dekat dengan para wisatawan. Kemampuan berbahasa inggris akan memberi impact besar bagi industry pariwisata dan menjadikan Indonesia menjadi negara yang terkenal dengan SDA dan SDM yang berkuliatas dan layak untuk bersaing di dunia internasional.

Menguasai lebih dari dua bahasa terutama bahasa inggris adalah kebutuhan, dengan itu akan membuka kesempatan untuk lebih mengembangkan diri sehingga tidak terbatasnya komunikasi yang mana terhalang oleh ketidaktahuan dalam berbahasa dan tidak hanya bisa berkomunikasi dengan orang sekitar. Semakin banyaknya wisatawan yang datang ke Indonesia maka kita bisa membantu keadaan ekonomi negara dan penghasilan negara akan stabil dan kita akan berevolusi menjadi negara maju dari negara berkembang.

Di zaman milenial, bahasa asing adalah jembatan dunia. Terutama bahasa inggris karena bahasa inggris merupakan bahasa yang universal yang mana akan selalu digunakan dimanapun dan kapanpun baik dalam bidang pendidikan, politik, perdagangan dan terlebih dalam bidang pariwisata. Dengan mengusai bahasa inggris akan mempermudah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Sebab seperti yang kita ketahui kiblat kemajuan zaman berada pada negara negara barat yang mana menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa standart mereka.

Salah satu contoh partisipasi masyarakat Indonesia terutama para mahasiswa dalam mengembangkan penggunaan bahasa inggris bagi masyarakat lokal dengan menggelar kuliah umum bertajuk raising awareness of learning English to support local tourism development. Yang mana digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat lokal dalam berbahasa inggris sebagai upaya untuk mendukung wisata lokal. Kuliah umum ini digelar oleh mahasiswa Universitas Pekalongan, Senin (12/8). Dengan adanya kegiatan ini semoga bisa menyadarkan dan memberi motivasi kepada masyarakat terutama mahasiswa bahwa pengembangan sektor wisata lokal akan lebih maju dan berkembang apabila pemerintah dan masyarakat saling kerja sama

membangunnya, pemerintah ambil alih dalam bidang pengembangan infrastrukur dan masyarakat ikut serta dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia.

Dengan harapan majunya pariwisata Indonesia tidak hanya menguntungkan secara ekonomis tetapi juga meningkatkan kemampuan masyarakat dalam berbahasa. Dengan kefasihan masyarakat dalam berbahasa inggris akan mempermudah jalannya industri pariwisata semua akan tersampaikan dengan jelas sehingga tidak ada kebingungan antar tuan rumah dan pengunjung dan juga dengan jelasnya komunikasi pengunjung akan merasa aman saat bersama kita.

Peran penting Bahasa Inggris dalam Dunia pariwisata menurut Joseph, Munghate, Arts dan Collage

Communicative/Interactive role merupakan peran utama bahasa inggris dalam dunia pariwisata. Bahasa inggris merupakan media komunikasi antar pelaku wisata dan wisatawan maupun antar sesama wisatawan. Contoh apabila seseorang berpergian ke suatu negara mereka tidak bisa menggunakan bahasa asal yang tidak semua orang mengerti dengan itu peran bahasa inggris sangatlah penting dalam kasus ini karena bahasa inggris bahasa pengantar atau medium komunikasi antar kedua pihak yaitu pelaku wisata dan masyarakat lokal.

Intergrative role dimana selain memiliki peran sebagai medium komunikasi, bahasa inggris merupakan pemersatu. Seperti kita ketahui pariwisata melibatkan banyak adat, suku, ras dan budaya. Bahasa inggris mengambil peran dalam mengintegrasikan semua orang tanpa melihat latar belakang orang orang tersebut.

Lingua –Franca role yang mana peran bahasa inggris sebagai lingua franca memiliki kemiripan dengan peran sebagai medium komunikasi antar pihak dalam dunia komunikasi. Lingua franca dapat di artikan sebagai bahasa pengantar atau pergaulan bagi orang orang yang berada di lingkungan dalam beragam bahasa.

Relation fostering role diartikan sebagai bahasa inggris turut membantu manusia untuk membentuk atau memperkuat hubungan antar manusia, khususnya hubungan yang bersifat global.

Economic / business role, globalisasi untuk memudahkan tenaga kerja dari berbagai negara untuk datang dan bekerja di suatu negara. Bahkan perdagangan lintas negara pun dapat dilakukan dengan mudah saat ini. peran bahasa inggris sangat besar dalam bidang ekonomi dan bisnis. Bahasa inggris menjadi pengantar dalam bisnis, khsusnya dalam bisnis pariwisata.

Functional Role, peran ini membantu wisatawan maupun masyarakat lokal dalam memperoleh informasi tertentu, meminta bantuan dan fungsi fungsi lain yang diperlukan dalam berwisata.

Bahasa inggris memiliki peranan sangat penting dalam proses komunikasi yang terjadi di industri pariwisata, baik komunikasi antar pelaku wisata dengan wisatawan lain maupun dengan masyarakat lokal. Bahasa inggris merupakan pemersatu yang dapat menyatukan orang orang

dengan latar belakang yang berbeda. Melihat pentingnya bahasa inggris dalam dunia pariwisata, maka sangat penting bagi masyarakat, pemerintah serta institusi pendidikan yang bergerak dalam bidang pariwisata seperti sekolah menengah atas serta kampus pariwisata untuk melatih dan mempersiapkan peserta didiknya dalam menghadapi persaingan global dengan memberi bekal keterampilan bahasa inggris yang fasih. Belajar Bahasa asing itu bagaikan dunia ada di genggaman kita. Para pelaku pariwisata dituntut untuk menguasai bahasa inggris untuk memberikan kenyaman kepada para tamu sehingga tidak terjadinya miskomunikasi antar dua pihak.

Dengan adanya banyak program yang mendukung proses pembelajaran masyarakat untuk belajar bahasa inggris diharapkan daya tarik masyarakat untuk belajar juga sangat tinggi agar kita bisa mencapai tujuan bersama. Frank Smith seorang psycholinguist pernah berkata bahwa “One language sets you in a corridor for life.Two languages open the door along the way’’. Yang mana dengan hanya menguasai satu bahasa kamu akan terus berada di koridor yang sama sedangkan dengan menguasai dua bahasa pintu akan selalu terbuka untuk kamu menggapai hal hal yang kamu inginkan dengan lancarnya komunikasi dan interaksi dengan semua orang baik orang sekitar dan mancanegara.

Penulis: Firly Annisa (Mahasiswi jurusan Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)