Berkunjung ke Jakarta Jangan Lupa Mampir ke Galeri Nasional Indonesia
Salah satu pengunjung Galeri Nasional Indonesia tengah berfoto/sumber: koleksi pribadi/

Pelitabanten.com – Kota Jakarta meski dikenal sebagai kota dengan tingkat kepadatan penduduknya yang tinggi dan setiap harinya ratusan kendaraan membanjiri jalanan. Tetapi, Jakarta selalu memiliki alasan untuk dikunjungi. Jumlah perantau dari berbagai kota setiap tahunnya semakin meningkat. Maka tak heran, jika ada sebagian orang menjuluki Jakarta sebagai kota impian. Yang berarti disanalah tempat mereka akan membangun mimpinya. Jakarta bukan hanya menjadi tempat untuk mengadu nasib saja, melainkan banyak sekali tempat yang bagus untuk dikunjungi.

Kalau kamu sedang berkunjung ke Ibu kota, jangan lupa mampir ke Galeri Nasional Indonesia (GNI). Lokasinya terletak Jl. Medan Merdeka Tim. No.14, RT.6/RW.1, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat. Disana kamu bisa menikmati macam-macam karya seni rupa seperti lukisan, sketsa, grafis, patung, keramik, fotografi, seni kriya dan seni instalasi.

Galeri Nasional Indonesia (GNI) saat ini menyimpan sekitar 1785 koleksi loh, bukan hanya hasil karya seniman Indonesia saja melainkan karya dari para seniman  manca negara.

Kamu bisa menikmati karya dari; Raden Saleh, Hendra  Gunawan,Affandi,S.  Sudjojono,Basoeki  Abdullah,Barli Sasmitawi Nata,Trubus ,Popo Iskandar,Ahmad Sadali,Nashar,Soedarsono,Sunaryo,Amrus Natalsya,Hardi,Heri Dono,Dede Eri Supria,Ivan Sagita,FX. Harsono,Lucia Hartini,Irlantine Karnaya,Hendrawan Kanaryo,Nyoman Gunarsa, Made Wiyanta,Ida Bagus Made, I Ketut Soki, Wassily Kand  insky (Rusia), Hans Hartung (Jerman), Victor Vassarely (Hongaria), Sonia Delauney (Ukraina), Pierre Saulages (Parncis), Zao Wou Ki (China). Selain itu terdapat karya seniman dari sudan , India, Peru, Cuba, Vietnam,Myanmar dan lain-lain.

Di dirikannya Galeri Nasional Indonesia (GNI) Sebagai suatu wujud pembangunan Wisma Seni Nasional atau pusat Pembangunan Kebudayaan Nasional yang telah dirintis sejak tahun 60-an.

Pokonya kalau kamu berkunjung ke Jakarta mengunjungi Galeri Nasional Indonesia (GNI) bisa menjadi pilihan utama. Disana kamu bukan hanya sekadar berfoto dengan karya-karya para seniman saja, melainkan kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan baru loh. Selain itu kamu tidak perlu merogoh kocek untuk membayar tiket masuk, alias gratis. Tapi sebelum berkunjung terlebih dahulu kamu harus memesan tiket lewat website resmi dari Galeri Nasional Indonesia (GNI).