Pilihan Destinasi Wisata Terbaik di Ranah Minang, Sumatera Barat

Pilihan Destinasi Wisata Terbaik di Ranah Minang, Sumatera Barat
Ilustrasi (Foto: ahmad syahrir/Pixabay)

Pelitabanten.com – Tidak hanya terkenal dengan kulinernya yang khas, Sumatera Barat juga mempunyai berbagai macam jenis tempat wisata. Provinsi yang berada di sebelah barat Pulau Sumatera ini memiliki wisata pantai yang sangat memukau. Selain itu, Sumatera Barat juga memiliki destinasi wisata dengan nuansa pegunungan, sejarah, dan kebudayaan.

Perjalanan menuju Ranah Minang bisa ditempuh dengan jalur darat dan udara. Jika dari Pulau Jawa, perjalanan jalur udara lebih direkomendasikan. Tersedia banyak rute penerbangan dari Pulau Jawa menuju Bandara Internasional Minangkabau. Salah satu maskapai yang mempunyai banyak rute ke Sumatera Barat adalah Batik Air. Anda bisa langsung cek harga Batik Air di Traveloka untuk perjalanan ke Sumatera Barat. Jika Anda dari Jakarta atau Jabodetabek, untuk mempermudah perjalanan, bisa pesan Damri ke Bandara Soekarno Hatta.

Destinasi wisata populer di Sumatera Barat

Berada di sebelah Barat Pulau Sumatera, Ranah Minang mempunyai wisata pantai yang sangat indah. Terdapat pula banyak pulau-pulau kecil yang mempunyai daya tarik tersendiri. Selain pantai, Sumatera Barat juga mempunyai wisata pegunungan, sejarah, dan budaya. Berikut ini beberapa pilihan destinasi wisata terbaik di Sumatera Barat:

1. Kawasan Wisata Mandeh

Kawasan Wisata Mandeh dikenal juga sebagai Raja Ampat Sumatera Barat. Hal ini karena pesona alamnya mirip dengan yang ada di Raja Ampat, Papua. Keindahan Kawasan Wisata Mandeh bahkan sudah dikenal hingga ke mancanegara. Banyak wisatawan dari luar negeri yang berkunjung ke tempat ini untuk melihat keindahan bawah lautnya.

Saat ini Kawasan Mandeh sudah menjadi destinasi utama kebijakan sektor pariwisata kebaharian yang dimasukan ke dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS).

Di kawasan ini terdapat beberapa pulau kecil dengan beragam pesona, seperti Pulau Bintangor, Pulau Ular, Pulau Pagang, Pulau Marak, dan Sikuai Island. Kawasan Wisata Mandeh terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Berjarak sekitar 56 km dari kota Padang.

2. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok terletak di Bukittinggi. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang sangat memukau. Saking indahnya, tempat ini diibaratkan sebagai Grand Canyon-nya Bukittinggi.

Di tempat ini pengunjung bisa menghabiskan waktu liburan dengan bermain air atau duduk santai bersama kolega dan keluarga. Jika ingin menikmati pemandangan ngarai dari atas, pengunjung bisa masuk ke Taman Panorama. Dari sini pengunjung bisa melihat keindahan ngarai dari sisi yang berbeda.

3. Lobang Jepang

Bukittinggi mempunyai satu destinasi sejarah yang cukup populer, yakni Lobang Jepang. Destinasi ini merupakan bangunan peninggalan masa penjajahan Jepang di kota Bukittinggi. Bangunan ini didirikan pada tahun 1942-1945. Dulunya bangunan ini merupakan penjara sekaligus markas pertahanan tentara Jepang. Lobang Jepang dibangun dengan sistem kerja paksa atau romusa.

Lobang Jepang mempunyai luas sekitar 2 hektar. Di dalamnya terdapat lorong-lorong yang dulunya digunakan untuk penjara. Setiap pengunjung yang masuk Lobang Jepang, tidak repot-repot untuk menghafal lorongnya. Sebab, di lokasi ada guide tour yang akan membantu pengunjung saat masuk.

4. Jam Gadang

Destinasi selanjutnya adalah Jam Gadang. Bangunan ini merupakan ikon pariwisata Sumatera Barat, yang wajib Anda kunjungi. Jam dengan luas 13 x 4 meter dan tinggi 26 meter ini mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

Bangunan ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pada bagian paling atas terdapat tempat penyimpanan bandul jam. Pada tahun 2007 silam, bandul ini sempat patah karena gempa yang melanda Sumatera Barat. Di sekitar Jam Gadang ada Pasar Bukittinggi yang banyak menjual barang-barang dengan harga murah.

5. Kepulauan Mentawai

Selain Kawasan Wisata Mandeh, bagi wisatawan yang tertarik dengan keindahan pantai bisa datang ke Kepulauan Mentawai. Di sini pengunjung akan melihat keindahan pantai dan laut yang masih jarang dikunjungi. Bagi wisatawan lokal, destinasi ini kurang begitu populer, tapi di dunia mancanegara, Kepulauan Mentawai adalah destinasi favorit. Hal ini karena Mentawai mempunyai ombak yang disukai oleh para pecinta olahraga selancar.

6. Istano Basa Pagaruyuang

Salah satu destinasi wisata Sumatera Barat yang kental dengan unsur budaya adalah Istano Basa Pagaruyuang. Bangunan rumah adat Minangkabau ini merupakan sisa-sisa kejayaan Kerajaan Pagaruyuang.

Istano Basa Pagaruyuang yang saat ini ada bukanlah bangunan asli. Bangunan aslinya yang berada di Bukit Batu Patah sudah habis dilahap api. Namun, beberapa benda peninggalan kerajaan masih sempat diselamatkan dan disimpan dengan baik.

Bangunan yang berdiri sekarang memiliki tampilan yang begitu megah. Pengunjung yang datang ke tempat ini biasanya menghabiskan waktu dengan melihat benda-benda khas Minangkabau atau mempelajari budaya Minang. Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa pakaian adat Minang dan berfoto dengan latar Istano Basa Pagaruyuang.

Itulah beberapa destinasi wisata terbaik yang ada di Sumatera Barat. Selain destinasi di atas, masih banyak lagi tempat wisata lain dengan pemandangan alam yang tidak kalah menarik, seperti Danau Singkarak, Danau Maninjau, Lembah Harau, Pantai Air Manis, dan lain-lain.