10 Macam Buah Penurun Demam

10 Macam Buah Penurun Demam
ILUSTRASI (Foto: Matteo Fusco/Unsplash)

Pelitabanten.com – Tahukah Anda tentang buah penurun demam? Ternyata, ada beberapa buah yang dapat menurunkan suhu tubuh saat demam. Buah-buahan ini juga sangat mudah ditemukan di pasaran, lho.

Demam sendiri merupakan reaksi alami tubuh saat sistem kekebalan Anda sedang melawan infeksi. Biasanya, tubuh akan kehilangan cairan dan kehabisan banyak energi lebih banyak dari biasanya saat demam.

Mengkonsumsi buah-buahan bukan berarti dapat langsung menurunkan demam Anda. Namun, buah-buahan ini berfungsi untuk membantu kerja sistem imun tubuh agar dapat melawan infeksi dengan baik. Selain itu, mengkonsumsi buah-buahan juga dapat menambah asupan cairan yang hilang karena disebabkan oleh demam.

Jika Anda tetap mengalami demam sampai beberapa hari, tandanya Anda harus konsultasikan diri Anda ke dokter. Saat ini, Anda sudah bisa konsultasi dokter online gratis, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga Anda di kala sakit.

Nah, berikut ini merupakan beberapa buah yang dapat membantu menurunkan demam Anda. Simak ulasan di bawah ini, ya!

1. Beri

Buah beri mengandung flavonoid yang dapat mengobati infeksi rhinovirus. Virus tersebut biasanya menjadi sebab Anda terkena flu. Virus ini biasanya dapat diisolasi dari hidung dan tenggorokan.

Walaupun semua jenis buah beri mengandung flavonoid, namun ada beberapa varietas yang memiliki kandungan flavonoid lebih banyak. Blackberry merupakan salah satu jenis beri yang mengandung banyak flavonoid.

Blackberry sendiri cukup mudah ditemukan di pasaran. Bahkan Anda bisa menanamnya sendiri di rumah. Selain itu, strawberry juga termasuk tanaman yang mudah sekali ditanam di rumah. Strawberry mengandung antosianin yang dapat mengurangi peradangan.

2. Jeruk

Jeruk mengandung Vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C ini dapat membantu dalam meningkatkan sistem imun Anda yang sedang melawan infeksi dalam tubuh.

Selain mengandung vitamin C, buah jeruk ini juga mengandung antioksidan flavonoid yang berfungsi untuk menurunkan peradangan dalam tubuh dan sebagai antivirus. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan flavonoid ini juga berguna untuk melawan dampak buruk dari radikal bebas.

Sehingga, mengkonsumsi jeruk pada saat demam dapat membantu menurunkan demam Anda secara perlahan. Dikarenakan jeruk memiliki rasa yang juga asam, jangan lupa untuk makan terlebih dulu sebelum mengkonsumsi jeruk ini, ya!

3. Kelapa

Air dari kelapa ini memang memiliki manfaat yang luar biasa banyak. Mengkonsumsi air kelapa dapat mengembalikan hidrasi tubuh, karena air kelapa mengandung elektrolit di dalamnya. Selain itu, air kelapa ini juga mengandung antioksidan yang bisa membantu dalam menurunkan peradangan yang terjadi dalam tubuh. Air kelapa juga dapat menjadi booster bagi fungsi sistem imun dalam melawan infeksi.

Saat demam. Biasanya energi Anda akan banyak terkuras. Meminum air kelapa ini dapat mengembalikan energi tubuh. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung glukosa di dalamnya.

4. Semangka

Sama seperti kepala, buah semangka juga mengandung banyak air. Selain itu, kandungan gula dalam buah semangka ini juga sama banyaknya. Sehingga, apabila Anda mengkonsumsi buah semangka saat demam, kebutuhan hidrasi dan energi dalam tubuh akan terpenuhi.

Buah semangka ini juga mengandung likopen. Likopen sendiri merupakan senyawa karotenoid yang memiliki aktivitas antioksidan. Adanya kandungan ini dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan tubuh menjadi demam. Mengkonsumsi buah semangka ini juga dapat mengoptimalkan proses metabolisme dalam tubuh.

5. Alpukat

Alpukat terkenal memiliki kandungan lemak sehat yang baik untuk tubuh. Lemak sehat yang terkandung di dalamnya yaitu seperti asam oleat. Asam oleat dapat membantu dalam mengurangi radang yang terjadi dalam tubuh. Asam oleat ini juga dapat memperkuat sistem imun tubuh agar bisa melawan infeksi penyebab demam.

Tidak hanya pada alpukat, asam oleat juga dapat didapatkan dengan mengkonsumsi minyak zaitun. Asam oleat ini sendiri merupakan lemak omega-9 yang secara alami dapat ditemukan dalam pada lemak dan minyak yang ada pada hewan maupun sayur dan buah-buahan.

Tekstur alpukat yang lembut juga memudahkan Anda untuk mengkonsumsinya saat Anda sedang sakit. Alpukat juga mudah sekali ditemukan di pusat perbelanjaan.

6. Pisang

Pisang adalah buah-buahan yang paling mudah kita jumpai. Biasanya, pisang juga dijadikan sebagai pengganti kalori. Memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi, membuat pisang dapat meningkatkan energi dalam tubuh pada saat sakit.

Kalium juga terkandung di dalam pisang, sehingga dapat menyehatkan organ jantung dan juga ginjal. Tidak hanya kalium, pisang pun mengandung triptofan yang memiliki manfaat sebagai penawar suasana hati.

7. Apel

Tidak hanya buah beri atau jeruk saja yang mengandung senyawa antioksidan flavonoid. Apel juga memiliki kandungan antioksidan tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, antioksidan flavonoid ini secara efektif dapat mencegah dan juga mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Konsumsilah apel bersamaan dengan kulitnya. Tidak perlu khawatir dengan desas desus lilin yang terdapat pada kulit apel. Lapisan lilin yang ada di kulit apel itu sendiri sebenarnya sudah aman untuk dikonsumsi. Namun, jangan lupa untuk mencuci buah apel ini sebelum dikonsumsi, ya!

8. Anggur

Anggur juga merupakan salah satu buah yang dapat menurunkan demam. Anggur sendiri dapat membantu mengoptimalkan sistem imun tubuh. Hal ini dikarenakan anggur memiliki kemampuan untuk menunjang produksi sel T gamma dan juga delta.

Anggur memiliki kandungan asam di dalamnya. Karena anggur merupakan buah yang dapat memicu asam lambung, bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung, sebaiknya hati-hati dalam mengkonsumsi buah ini. Pastikan Anda telah mengkonsumsi makanan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi buah anggur.

9. Nanas

Nanas juga mengandung antioksidan flavonoid dan juga asam fenolik. Yang mana keduanya dapat mengurangi risiko adanya penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan juga penyakit jantung.

Selain itu, buah ini juga memiliki anti inflamasi yang baik untuk tubuh. Sehingga, mengkonsumsi buah ini sangat baik untuk mengobati flu.

10. Kiwi

Kiwi merupakan salah buah yang juga dapat membantu dalam menurunkan demam. Kiwi mengandung banyak vitamin seperti, vitamin C dan E. Vitamin yang terkandung dalam buah kiwi ini tentunya dapat membantu dalam melawan penyebab penyakit.

Kiwi juga mengandung potasium, namun kalorinya lebih rendah daripada pisang. Buah kiwi ini sangat baik untuk dikonsumsi karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah 10 buah yang dapat membantu dalam menurunkan demam Anda. Namun, saat Anda mengalami demam yang tak kunjung mereda, pastikan diri Anda untuk mengkonsultasikannya ke dokter, ya!

Pemerhati dan penikmat musik, bergabung dengan Pelita Banten pada tahun 2017 sebagai Jurnalis