COVID-19 Terus Mengancam, Warga Dasana Indah Swadaya Cegah Penularannya

COVID-19 Terus Mengancam, Warga Dasana Indah Swadaya Cegah Penularannya
Warga Kelapa Dua Kabupaten Menyemprotkan Disinfektan di Lingkungan Pemukiman Cegah penyebaran Covid-19

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com–Bahaya penyebaran Covid-19 terus mengancam warga Kabupaten Tangerang bahkan ada korban meninggal 1 orang, dengan peringkat teratas Kecamatan Kelapa Dua 66 ODP dan 19 PDP menurut situs resmi Pemerintah Kabupaten Tangerang, covid19.tangerangkab.go.id pada Sabtu (28/03) pukul 16:12 wib.

Warga Kelurahan Bojong Nangka Kecamatan Kelapa Dua, RW 24 tepatnya di perumahan Dasana Indah berinisiatif lakukan pencegahan dengan lakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan pemukiman.

Dalam pantauan pelitabanten.com pada Jum’at (27/03) sore, pemuda yang sedang melakukan penyemprotan tersebut dilaksanakan dengan alat semprot manual dari kaleng dan alat pelindung diri yang minim. Dirinya mengatakan bahwa penyemprotan tersebut dilakukan secara swadaya dari warga dan para pengurus RT dan RW setempat.

“Awalnya Kita (warga,-red) patungan beli cairan karbol dan pemutih pakaian, dicampur air dan sisa alkohol yang ada di rumah warga, kita keliling jalan kaki semprotin ke pintu pagar rumah warga dan gagang pintu rumah,” ucap pemuda yang mengaku bernama Hari Purnama.

Warga Dasana Indah Kelapa Dua Kabupaten Tangerang Persiapkan Cairan Disinfektan Dengan Bahan Baku Sederhana. Foto Supriyadi Pelitabanten.com

Sebagai garda terdepan di lingkungan masyarakat, Ketua RT setempat mengatakan terkait status ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) apakah ada di wilayahnya, tidak dapat diungkapkan apakah ada atau tidak.

Dirinya bersama dengan warga dan pengurus RW lain hanya dapat menghimbau dan melakukan pencegahan seperti penyemprotan disinfektan yang sedang dilakukan.

“Disini ada yang terjangkit atau tidak, kita tidak tahu, kalo ada warga yang sakit kita himbau untuk beristirahat atau memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan, dan warga pun kita himbau untuk mengurangi berkumpul ramai-ramai guna pencegahan penularan virus Corona,” jelas Dedin Hasanudin pada pelitabanten.com Sabtu (28/3) sore.

Dedin pun berharap adanya bantuan dan perhatian pemerintah daerah kabupaten Tangerang, untuk langkah pencegahan penyebaran penularan virus Corona di wilayahnya, terkait banyaknya orang yang masuk dalam pasien dalam pengawasan di wilayah kecamatan kelapa dua.

“Sudah 2 hari ini dilakukan penyemprotan secara swadaya di seluruh lingkungan RW 24 kelurahan Bonang, semoga pemerintah segera memberikan bantuan untuk pencegahan penyebaran COVID-19, baik itu peralatan ataupun bahan baku cairan disinfektan,” harapnya.