Literasi Sayang Anak Berkebutuhan Khusus, Jurusan BK Untirta Gelar Pengabdian

Pandeglang – Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) telah selesai menggelar pengabdian masyarakat dengan  tema “Literasi Sayang Anak Berkebutuhan Khusus” di Sekolah Khusus (Skh) Al-Gisafa, Labuan-Pandeglang Banten pada Rabu 3 Agustus 2022.

Ketua Jurusan BK, Evi Afiati, menuturkan pengabdian ini untuk memberikan kesempatan kepada dosen untuk menerapkan ilmunya secara langsung kepada masyarakat.

“Melalui pengabdian masyarakat inilah para dosen memiliki kesempatan untuk dapat menerapkan ilmu yang dimiliki secara langsung dengan cara bersosialisasi,” ujarnya

Tak hanya itu saja, menurut Evi pengabdian ini sebagai proses peningkatan kemampuan Sumber Daya Masyarakat (SDM) dan khususnya adalah memberdayakan peran orang tua.

“Pengabdian ini khususnya adalah memberdayakan peran orang tua dalam penerimaan diri dan pengasuhan anak berkebutuhan khusus sebagai support system,”

“Serta optimalisasi perkembangan anak berkebutuhan khusus agar anak mampu berperan optimal di masyarakat dengan segala keterbatasannya,” jelas Evi

Evi pun berharap agar jurusan Bimbingan dan Konseling terus melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan berkolaborasi dengan mahasiswa untuk membangun Sumber Daya Masyarakat (SDM) Banten.

Secara bersamaan, Ketua pelaksana, Raudah Zaimah Dalimunthe,

berharap kegiatan ini bermanfaat bagi para orang tua dan membantu mereka tidak merasa sendiri dalam menghadapi masalah.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan membuat mereka tidak merasa sendirian dalam menghadapi masalahnya,” harap Raudah