Pendidikan Belajar Bahasa Inggris yang Asyik Buat Pemula

Belajar Bahasa Inggris yang Asyik Buat Pemula

Belajar Bahasa Inggris yang Asyik Buat Pemula
ILUSTRASI (Pixabay.com)

Pelitabanten.com – Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa dengan penutur terbanyak di dunia. Dilansir dari laman Zenius Education pada Kamis (5/8/2021), bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa dengan jumlah penutur sebanyak 1,13 miliar.

Berdasarkan data EF English Proficiency Index (EF EPI) pada Kamis (26/11/2021), Indonesia menempati posisi 80 dari 112 negara dan provinsi di dunia dan posisi 14 dari 24 negara di Asia. Terbukti bahwa kemampuan kecakapan bahasa Inggris masyarakat Indonesia termasuk rendah. Maka dari itu, kita harus menguasai bahasa Inggris untuk memperluas wawasan serta untuk memajukan bangsa.

Selain merupakan bahasa dengan penutur terbanyak, ini dia beberapa alasan mengapa anak milenial membutuhkan kemampuan bahasa Inggris.

1. Study Abroad

Minat pelajar di Indonesia untuk menuntut ilmu di luar negeri terus meningkat setiap tahun. Berdasarkan studi organisasi Ikatan Konsultan Pendidikan Internasional Indonesia, terdapat lebih dari 35.000 siswa Indonesia yang belajar ke luar negeri setiap tahunnya. Untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri kebanyakan instansi meminta bukti hasil dari tes bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS, atau TOEIC. Sehingga, untuk menempuh pendidikan di luar negeri paling tidak harus menguasai bahasa Inggris.

2. Berkarir

Di era globalisasi saat ini, banyak perusahaan yang meminta karyawan untuk dapat menguasai bahasa Inggris. Mampu berbahasa Inggris bisa menjadi poin tambahan dan menambah peluang kamu untuk menggapai karir impian. Khususnya pada instansi pemerintah dan perusahaan asing.

Baca Juga:  Prodi Kesejahteraan Sosial FIDKOM UIN Syarif Hidayatullah menggelar Seminar Nasional

3. Menambah Wawasan

Mengapa bahasa Inggris penting untuk menambah wawasan? Padahal jika tidak menguasai bahasa Inggris pun kita tetap bisa menimba ilmu. Di era globalisasi sangat mudah untuk mencari pengetahuan. Sekarang sudah ada internet yang tersedia segala informasi dan juga e-book. Untuk memperluas wawasan dan mengikuti perkembangan zaman, informasi yang kita cari tentu saja bukan hanya dari dalam negeri tetapi dari seluruh negara di dunia. Karena informasi pada internet dan juga e-book banyak menggunakan bahasa Inggris, maka kita harus mampu mengerti dasar bahasa Inggris.

4. Travelling

Hal ini tidak asing lagi bagi kalian yang senang berpergian. Apalagi jika berpergian ke luar negeri. Untuk travelling ke luar negeri diharuskan mampu menguasai dasar berbicara bahasa Inggris agar saat menemukan kesulitan kita dapat bertanya ke orang sekitar.

Namun, sering kali pemula kebingungan untuk memulai belajar bahasa Inggris. Grammar dulu? Vocabulary dulu? Atau langsung practice?

Sebelum menuju ke metode belajar bahasa Inggris, ini dia beberapa tips buat kamu yang bingung untuk memulai belajar bahasa Inggris.

1. Niat dan Tujuan

Sebelum melakukan setiap kegiatan yang paling awal dibangun adalah niat. Selanjutnya tujuan, kamu bisa menanyakan pada diri kamu nih “kenapa aku harus belajar bahasa Inggris ya?” Dengan memiliki tujuan yang spesifik, bisa menambah semangat kamu untuk belajar bahasa Inggris.

Baca Juga:  Kecerdasan Anak Dipengaruhi Keluarga

2. Membangun Vocabulary

Vocabulary merupakan kosa kata dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mempelajari kosa kata dasar dan umum dipakai dalam bahasa Inggris. Dengan mengetahui banyak vocabulary, kamu bisa dengan mudah merangkai kalimat dalam bahasa Inggris.

3. Grammar (Tata Bahasa)

Kebanyakan orang bilang grammar tidak terlalu penting, karena tanpa grammar yang baik pun kita bisa menyampaikan maksud yang kita ucapkan. Tetapi saat belajar bahasa Inggris, grammar tidak dapat dihindari. Untuk mempelajari grammar yang lebih efektif, kamu bisa memperbanyak vocabulary terlebih dahulu. Lalu diselingi belajar grammar.

4. Cari Hal yang Disukai

Cara ini bisa membantu kamu lebih menyenangkan dalam belajar bahasa Inggris. Misalnya kamu suka kartun spongebob, kamu bisa nonton kartun tersebut menggunakan bahasa Inggris. Dengan ini, kamu tidak akan mudah bosan dan enjoy dalam mempelajari bahasa Inggris.

5. Praktek

Ini salah satu hal yang penting, tetapi banyak dari kamu yang mengabaikan.

Ingat “practice makes perfect!”. Praktek adalah hal yang paling efektif dalam belajar bahasa asing. Semakin sering kamu mempraktekkan bahasa Inggris, semakin mahir kemampuan bahasa Inggris kamu.

Setelah mengetahui langkah-langkah belajar bahasa Inggris, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan metode-metode yang asyik dan menyenangkan.

Berikut 5 Metode Belajar Bahasa Inggris yang Asyik Buat Pemula

1. Mendengarkan Musik Barat

Mendengarkan musik barat adalah salah satu metode yang asik dan lumayan efektif buat belajar bahasa Inggris. Tetapi kalian harus memilih lagu yang tepat untuk dipelajari, karena tidak semua lagu barat sesuai dengan tata bahasa Inggris. Saat
mendengarkan musik berbahasa Inggris, kamu bisa menerjemahkan kosa kata yang baru buat kamu.

Baca Juga:  Bantuan Perlengkapan Sekolah dari Presiden Jokowi Sampai ke Anak-Anak Bengkayang

2. Membaca Buku Anak-anak Berbahasa Inggris

Buat sebagian orang, membaca buku memang membosankan karena terlalu banyak tulisan. Terlebih menggunakan bahasa Inggris. Tapi, kamu bisa baca buku cerita anak-anak berbahasa Inggris nih. Selain kosa kata yang mudah dicerna, dalam buku cerita anak-anak juga terdapat ilustrasi yang membuat kamu merasa tertarik untuk membacanya. Beberapa rekomendasi buku anak-anak dengan vocabulary yang mudah dan jalan cerita menarik:

  • Geronimo Stilton
  • The Very Hungry Caterpillar
  • Little Women
  • Tuesday at the Castle
  • Aplikasi

Belajar bahasa Inggris gak cuma melalui guru di sekolah, kamu juga bisa bermain gadget sambil belajar bahasa Inggris dengan aplikasi seru. Kamu bisa belajar grammar, reading, listening, bahkan sampai speaking bisa kamu pelajari di aplikasi ini. Beberapa aplikasi recommended untuk belajar bahasa Inggris.

  • Cake
  • Hello English
  • Duolingo
  • Youtube
  • Busuu
  • Bermain Game

Gak cuma main game, games android ini bisa menambah vocabulary, mengasah, dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu, tentunya kamu bakal enjoy dalam belajar. Rekomendasi game android buat membantu kamu belajar bahasa Inggris.

  • Word match
  • Scrabble
  • Fondi
  • Hangman games
  • Simon says

Penulis: Intan Cahya Amanda (Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)