Opini Budidaya Kaktus Untuk Pemula

Budidaya Kaktus Untuk Pemula

Budidaya Kaktus Untuk Pemula
Tamana Kaktus (Foto: Asri Ulfiya Rahmatillah/dok)
Hari Guru Dinkes Tangsel

Pelitabanten.com – Tanaman kaktus termasuk kedalam tanaman sukulen karena bisa menyimpan persediaan air dibatangnya, kaktus juga memiliki daun yang berbentuk duri atau disebut juga sebagai jelmaan dari daun, sehingga penguapan air melalui daun dapat dikurangi, kaktus juga memiliki antioksida yang tinggi.

Mengutip bagaimana budidaya kaktus bagi para pemula, berikut merupakan beberapa ulasan mengenai budidaya kaktus:

  1. Pembibitan

Kaktus dapat dibudidayakan dengan cara generative ataupun vegetative. Dengan cara generative seringkali terlalu rumit dan persen kegagalannya tinggi karena membutuhkan waktu yang relatif lama yakni 1 tahun agar dapat dipindahkan ke media tanam. Sedangkan dengan cara vegetative resiko kegagalannya rendah Karena berupa stek batang atau stek sambung teknik ini yang disebut sebagai grafting.

Stek sambung merupakan penggabungan batang bawah dengan batang atas dari dua jenis kaktus yang berbeda  untuk menciptakan tanaman kaktus yang unik dan berbeda agar menambah nilai estetik dalam penampilan tanaman tersebut. Terdapat dua macam cara stek sambung pada kaktus yaitu metode okulasi sambung rata dan sambung serong.  Yang akan dibahas kali ini yakni mengenai sambung serong.

Baca Juga:  Partisipasi Masyarakat Mendanai Pembangunan Lewat Pembelian Surat Berharga Negara Ritel

Cara menyambung kaktus:

  • Persiapkan alat yang dibutuhkan seperti :
  • Pisau atau cutter
  • Penjepit untuk menaruh batang atas pada batang bawah
  • Sarung tangan atau benda lain untuk memegang batang yang dikhawatirkan terkena duri nya.
  • Tusuk gigi atau lidi.
  • Benang, lakban, untuk mengikat sambungannya agar kuat.
  • Awal kita menanamkan menggunakan pot kecil lalu isi pot dengan media tanam. Komposisi nya terdiri dari sekam,pasir malang, pupuk kandang, dengan perbandingan 1:1:1
  • Siapkan batang indukan atau batang bagian bawah
  • Potong horizontal batang bawah kaktus lalu potong dengan cutter atau pisau
  • Tanam hasil potongan batang bawah kaktus kedalam pot kecil
  • Poleskan penampangan dengan getah dari potongannya lalu tempelkan batang atas ke batang bawah. Ingat jenis batang bawah dan atas bukan jenis kaktus yang sama yaaa.
  • Kuat sambungan tersebut menggunakan benang atau jika kurang kuat tambahkan dengan selotip atau karet gelang dengan cara mengikatnya dengan pot
  • Siram sedikit dengan air
  • Letakkan ditempat yang teduh.
Baca Juga:  HANYA SEBUAH HARAPAN

Setelah kurang lebih satu minggu sambungan bisa dilepaskan dari bagian kaktus tersebut.

  1. Perawatan lanjutan

Siram tanaman satu minggu sekali jika musim kemarau, jika musim penghujan jangan terlalu sering disiram serta berikan larutan penyubur tanaman, jangan taro tanaman kaktus langsung terkena cahaya matahari yaa teman-teman.

Bunga kaktus merupakan tanaman hias yang banyak digemari para remaja, banyak hiasan yang bertemakan kaktus dengan berbagai bentuk dan corak. Tanaman berduri ini akan berbunga jika syarat tumbuhnya terpenuhi dengan baik seperti media,suhu,cahaya dan iklim.

Tanaman ini tidak memerlukan suhu, cahaya serta iklim yang terlalu merepotkan jika ditanam di tanah air ini. Untuk merangsang pembungaan kaktus dapat dilakukan dengan cara penerapan stress air, dimana kaktus tidak dipasok air selama beberapa waktu. Jenis kaktus yang memiliki bunga cantik anatara lain:Rebutia, Mammillaria dan sebagainya.

Baca Juga:  Humas di Tengah Masyarakat Multikultural dan Masa Pandemi

Demikianlah ulasan mengenai budidaya kaktus untuk pemula, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk para pembaca. Selamat mencoba.

Asri Ulfiya RahmatillahPenulis: Asri Ulfiya Rahmatillah
(Mahasiswi Jurusan Biologi Fakultas Sains, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)