Polisi Salurkan 68 Hewan Kurban, Bantuan Kapolri Diserahkan ke-Ponpes di Tangerang

Polisi Salurkan 68 Hewan Kurban, Bantuan Kapolri Diserahkan ke-Ponpes di Tangerang
Simbolis, Kapolres Kombes Pol Zain Dwi Nugroho Serahkan Hewan Kurban ke Tokoh Agama di Kota Tangerang. Kamis (29/6). Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Di hari raya Idul Adha 1444 Hijriah, Polres Metro Tangerang Kota, menyalurkan sebanyak 68 hewan kurban. Hewan-hewan kurban tersebut langsung didistribusikan ke berbagai tempat. Ke- 68 hewan kurban tersebut terdiri dari 30 ekor sapi dan 38 ekor kambing.

 

Sebelum penyerahan dan penyembelihan hewan kurban Jajaran Polres Metro Tangerang Kota beserta masyarakat sekitar melaksanakan shalat Ied Adha di lapangan upacara Polres Metro Tangerang Kota. Kamis, (29/6/2023).

Pendistribusian dilakukan dalam dua bentuk yakni diserahkan dalam bentuk hewan kepada masjid, mushola, yayasan yatim dan organisasi-organisasi. Lalu dalam bentuk penyembelihan melalui RPH (rumah potong hewan) oleh Majid Al-Kautsar Polres Metro Tangerang Kota daging-dagingnya langsung dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, dari 30 ekor sapi yang disalurkan itu, 6 ekor sapi kurban berasal Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo untuk didistribusikan ke Wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya.

Zain memaparkan 6 ekor sapi bantuan Kapolri itu langsung diserahkan ke pondok-pondok Pesantren yang ada diwilayahnya.

“Kupon-kupon pembagian daging telah didistribusikan sebelumnya oleh panitia kurban, penyalurannya juga langsung dititik-titik yang telah ditentukan, untuk menghindari terjadinya penumpukan warga. Ada 3.000 bungkus daging dari 8 ekor sapi yang dipotong melalui RPH Bayur, Tangerang,” katanya.

“Khusus 6 ekor sapi kurban dari Kapolri, diserahkan ke pondok-pondok pesantren (ponpes) di berbagai wilayah yakni Ciledug, Batuceper, Karawaci, Jatiuwung, dan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang,” terangnya.

Sementara, dalam bentuk hewan sebanyak 15 ekor Sapi dan 38 Kambing telah disalurkan Polres Metro Tangerang Kota kepada Masjid-Masjid, Musholah-Musholah, Serikat Buruh, Organisasi Kepemudaan, Mahasiswa, organisasi Wartawan, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama yang ada di kota tangerang.

Zain mengatakan, “Esensi berkurban adalah ketulusan dan keikhlasan menebarkan keberkahan serta kebahagiaan kepada sesama umat manusia di hari raya Idul Adha,” katanya.

Menurutnya, hari Raya Idul Adha adalah momentum untuk mempererat tali persaudaraan dan saling berbagi dalam kebaikan, Kapolres pun menambahkan, sebelum dilakukan pendistribusian, semua hewan kurban dinyatakan terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) dan penyakit lainnya oleh dokter hewan.

“Semoga momentum berkurban dapat mempererat persatuan dan kesatuan bangsa,” tutup Zain.