Penjaga Martabat dan Wibawa Pimpinan, Pemkot Tangerang Gelar Seminar Keprotokolan

Penjaga Martabat dan Wibawa Pimpinan, Pemkot Tangerang Gelar Seminar Keprotokolan
Seminar Keprotokolan Pemkot Tangerang. Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Dalam rangka meningkatkan pelayanan keprotokolan terhadap pimpinan daerah dan tamu-tamu Pemerintah daerah, negara serta perwakilan negara sahabat, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Tangerang menyelenggarakan Kegiatan Seminar Keprotokolan & Pelatihan Table Manner di Lingkungan Pemkot Tangerang Tahun 2022.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah hadir sekaligus membuka secara daring kegiatan yang bertempat di Days Hotel & Suite, Kecamatan Neglasari.

Dalam kesempatannya, Wali Kota mengungkapkan bahwa keprotokolan sangatlah penting dalam lembaga pemerintahan, karena itu ia meminta kepada setiap aparatur pemerintah untuk memiliki pemahaman tentang keprotokolan dan segala tata tertibnya.

“Pemerintah di mata masyarakat merupakan panutan terutama dalam kegiatan-kegiatan yang sering diadakan seperti sosialisasi, bimbingan yang kerapihan dan kesiapan tata laksananya akan selalu dinilai oleh masyarakat kita.”

“Maka dari itu keprotokolan itu penting untuk mendukung segala rencana-rencana kegiatan Pemerintah dapat berjalan dengan tertib, lancar dan tentunya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.” terang Arief.

Lebih lanjut, Arief menyebut protokol sebagai garda terdepan dalam pelayanan terhadap pimpinan serta menjaga martabat dan wibawa pimpinan.

“Kesan pertama suatu unit kerja dapat dilihat dari pelayanan keprotokolannya. Baik buruknya citra unit kerja dan pimpinan, tergantung pada pelayanan protokol yang ditunjukkan.”

“Maka diperlukan sikap, keterampilan, dan integritas dalam menjadi seorang protokoler.” ujar Arief.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman yang hadir sekaligus menyampaikan laporan kegiatannya langsung di acara tersebut menuturkan bahwa peran protokol bukan hanya dalam hal penyambutan tamu dan pembawa acara tetapi juga bertanggung jawab dalam hal tata tempat, tata foto, tata penjamuan makanan dan lain sebagainya.

“Lebih dari itu, protokol harus mampu berperan sebagai stage manager yang mengatur jalannya kegiatan dengan baik serta mampu bertindak sebagai mediator dan juga koordinator, bahkan untuk kegiatan yang diadakan secara daring.

“Karena itu saya berharap agar bapak ibu sekalian dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan dapat membagikan ilmu yang didapat kepada pegawai-pegawai lainnya sehingga dapat bermanfaat bagi pemerintah dan juga masyarakat Kota Tangerang.” tukas Herman.

Sebagai informasi, peserta kegiatan seminar tersebut merupakan para pegawai di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang yang terdiri dari 32 peserta perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), 13 peserta perwakilan dari Kecamatan dan 104 peserta perwakilan dari Kelurahan se-Kota Tangerang.