Pantau Penertiban Pasar Irigasi Sipon, Kapolres Pastikan Berjalan Kondusif

Pantau Penertiban Pasar Irigasi Sipon, Kapolres Pastikan Berjalan Kondusif
Kapolres Metro Tangerang Kota di Penertiban Pasar Irigasi Sipon. Rabu (22/2). Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Kepolisian Resort Metro Tangerang kota, Polda Metro Jaya dan TNI Kodim 0506/TGR memback up Pemkot Tangerang melalui satpol PP dan dinas terkait pada pelaksanaan penertiban Kawasan Pasar di sepanjang Jalan Irigasi, Sipon Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang. Rabu (22/2/2023).

Pasalnya, pasar yang berdiri disepanjang jalan umum lebih dari dua kilometer itu dinilai mengganggu ketertiban umum, menjadi penyebab kemacetan dan kali sepanjang jalan tersebut menjadi kumuh dan kotor. Hingga disebut melanggar peraturan daerah (perda) tentang ketertiban umum.

Keluhan masyarakat yang terganggu dengan aktifitas pasar 24 jam itu banyak diterima forkopimda kota Tangerang baik melalui media sosial (medsos) maupun secara langsung, Tak terkecuali ke command center Polres Metro Jaya kota di nomer 082211110110.

Mendukung penindakan yang dilakukan Pemkot Tangerang melalui satpol PP kota Tangerang, ratusan personil polres metro Tangerang kota diperbantukan Kapolres Kombes Pol Zain Dwi Nugroho agar penertiban berjalan lancar dan kondusif.

“Alhamdulillah, penertiban berjalan dengan lancar tidak ada perlawanan maupun aksi protes dari sejumlah pedagang,” kata Zain kepada wartawan saat memantau langsung jalannya penertiban. Rabu (22/2/2023).

Kapolres menilai, kesadaran masyarakat yang berdagang disepanjang jalan tersebut cukup baik dengan terdapat beberapa PKL yang membongkar sendiri lapaknya sebelum penertiban dilakukan. Ia meminta PKL yang ada untuk mematuhi perda tentang ketertiban umum.

“Tentunya, penertiban ini untuk kepentingan masyarakat sendiri, sepanjang jalan irigasi dibangun pemerintah daerah untuk menjadi jalan alternatif bila terjadi kemacetan di jalan KH. Hasyim Ashari,” katanya.

Lanjut Zain, kepolisian hadir ditengah masyarakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman, tidak ada kekerasan maupun tindakan agresif yang dilakukan personil gabungan pada penertiban itu. Situasi berjalan aman, lancar dan kondusif.

“Penertiban kami berikan dengan pendekatan humanis, kedepan kami harapkan mayarakat dapat mendukung kebijakan pemerintah kota Tangerang, apabila terjadi permasalahan tentunya dapat kita selesaikan dengan berdialog dan musyawarah,” pungkas Kapolres.

Sebagai informasi, sebanyak 520 personil gabungan Satpol PP, TNI-Polri trantib kecamatan Cipondoh, petugas damkar dan dinas pertamanan pariwisata dan kebudayaan di terjunkan pada penertiban pasar irigasi sipon, Cipondoh, Kota Tangerang.