Jokowi Sebut Tanah dan Air Dari Seluruh Provinsi Sebagai Kekuatan Besar Pembangunan IKN

Jokowi Sebut Tanah dan Air Dari Seluruh Provinsi Sebagai Kekuatan Besar Pembangunan IKN
PEMBANGUNAN IKN (Foto: Kiriman Untuk Pelita Banten)

KALIMANTAN TIMUR, Pelitabanten.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaknai penyatuan tanah dan air dari seluruh provinsi menjadi sebuah semangat dan kekuatan yang diberikan oleh masyarakat melalui para gubernur. Prosesi yang dilakukan tersebut tanda dimulainya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Dukungan yang diberikan seluruh provinsi di Tanah Air menyatukan dan memberikan kekuatan yang baik pada dimulainya pembangunan Ibu Kota Nusantara ini,” kata Jokowi dilihat dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/3/2022).

Jokowi menyebut, kedatangan para gubernur dari 34 provinsi menandakan besarnya bangsa dan kekuatan yang dimiliki Indonesia. Hal itu menurut dia menjadi modal dalam membangun IKN Nusantara.

“Saya senang tadi pagi semua gubernur hadir membawa tanah dan air dari provinsi masing-masing disatukan di sini. Artinya ini merupakan sebuah kekuatan besar dari negara besar kita Indonesia,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, mantan Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut pembangunan IKN Nusantara merupakan pekerjaan besar. Sehingga, hasilnya baru akan dilihat pada 15 sampai 20 tahun mendatang.

“Oleh sebab itu, memang butuh waktu yang panjang. Perkiraan kita antara 15-20 tahun, baru bisa diselesaikan,” jelas Jokowi.

Bersama Jokowi, 34 gubernur menyatukan tanah dan air yang dibawa dari provinsi masing-masing. Acara penyatuan dilakukan di Titik Nol IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Jokowi Bersama Ibu Negara Iriana Jokowi juga menyempatkan waktu bermalam di Kawasan IKN Nusantara. (rls/ar)

Pemerhati dan penikmat musik, bergabung dengan Pelita Banten pada tahun 2017 sebagai Jurnalis