Keluhkan Layanan Disdukcapil Kab Tangerang, Netizen Mulai Ramai Mention Presiden dan Wapres Terpilih Prabowo-Gibran

Keluhkan Layanan Disdukcapil Kab Tangerang, Netizen Mulai Ramai Mention Presiden dan Wapres Terpilih Prabowo-Gibran

TANGERANG, Pelitabanten.com – Komitmen Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang untuk mewujudkan pelayanan terbaik ternyata masih dikeluhkan oleh sebagian kecil masyarakat.

Lewat media sosial di Instagram Disdukcapil Kabupaten Tangerang dengan akun @disdukcapilkabtangerang, sejumlah netizen mengeluhkan pelayanan yang lambat. Dalam unggahan di kolom komentar akun @priankaarief menyebutkan bahwa dirinya sejak 15 Mei lalu urus perpindahan KK hingga saat ini belum dapat informasi. “Saya udh antri dari pagi tapi gak dikasih kabar, sampe sekarang,” tulis priankaarief di kolom komentar akun IG disdukcapilkabtangerang, Rabu (5/6/2024).

Bahkan tidak tanggung-tanggung, netizen ini me-mention Presiden terpilih Prabowo, Wapres terpilih Gibran, Presiden saat ini Jokowi dan Dukcapil Kemendagri di Instagram.

Keluhan mengenai kinerja Disdukcapil Kabupaten Tangerang di kolom komentar setiap unggahan pada IG akun @disdukcapilkabtangerang disampaikan oleh sejumlah netizen lainnya. Salah satunya akun @pik_m.taufiqurrohman menulis bahwa “banyak sekali keluhan mengenai disdukcapil kabupaten tangerang, mohon untuk segera disidak, demi kemajuan administrasi kependudukan di @pemkabtangerang cc @almuktabar_official @teguh_setyabudi @profzudan @ombudsmanri137 @ombudsman_banten
@titokarnavian @kemendagri @disukcapilkemendagri, @itjenkemdagri.ri. need help…urgent,” tulis akun @pik_m.taufiqurrohman dalam komentarnya di IG disdukcapilkabtangerang.

Padahal seperti diketahui, Disdukcapil Kabupaten Tangerang telah meluncurkan aplikasi layanan Lahir Mati Online System Terintegrasi (Latinost) Gemilang di Hotel Yasmin Karawaci, Kabupaten Tangerang, Rabu (29/11/23). Aplikasi ini untuk mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) dan catatan sipil bagi masyarakat.

Namun keluhan dari masyarakat tetap bermunculan seperti lewat media sosial yang sangat mudah untuk diketahui masyarakat pada era digital saat ini.

“Masyarakat dapat memiliki dokumen kependudukan digital seperti KTP, Kartu Keluarga serta Akte Kelahiran dan Akte Kematian. Semua dokumen dapat dilihat dari handphone, sehingga lebih aman, efisien dan tidak mudah rusak ataupun hilang. Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan aplikasi instansi lainnya,” ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Tangerang, CR Inton saat peluncuran aplikasi Latinost sebagaimana dikutip dari website resmi Pemerintah Kabupaten Tangerang selengkapnya dapat dibaca di tautan berita berikut: https://tangerangkab.go.id/detail-berita/luncurkan-aplikasi-latinost-gemilang-disdukcapil-optimalkan-layanan-adminduk.

Di sisi lain, berdasarkan pantauan redaksi Pelita Banten pada Kamis (6/6/2024) pagi pukul 10.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB terlihat pelayanan Disukcapil Kabupaten Tangerang sangat ramai dipadati masyarakat meski Disdukcapil Kabupaten Tangerang telah menerapkan jadwal pelayanan per kecamatan.

Namun baru saja memasuki gedung tersebut, nampak ada 2 pekerja perempuan duduk di ruangan sebelah kiri pada bagian depan yang tidak mengenakan seragam kerja batik pada hari Kamis. Berbeda dengan kondisi pekerja di loket bagian dalam yang semuanya mengenakan seragam batik dalam melayani masyarakat.

Kondisi tersebut sudah diinformasikan kepada Plt Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Tangerang Hedi Mochamad Hertadi. Melalui pesan di aplikasi WhatsApp Mesengger (WA) Hedi menyatakan “Ok nanti sy kasih tau,” ungkapnya singkat.