Dana Desa di 246 desa Diserap Jelang Akhir Tahun, Kadis DPMPD: Sebesar 834,2 Miliar

Kepala Dinas Pemberdayaan masyarkat dan pemerintahan desa ( DPMPD) Kabupaten Tangerang H Yayat Rohiman, Foto. (Istimewa)
Kepala Dinas Pemberdayaan masyarkat dan pemerintahan desa ( DPMPD) Kabupaten Tangerang H Yayat Rohiman, Foto. (Istimewa)

KABUPATEN TANGERANG,Pelitabanten.com-Pemerintah Kabupaten Tangerang pada tahun 2023 menganggarkan untuk dana desa, Anggaran Dana Desa ( ADD) dan dana bagi hasil pajak ( DBHP) dan dana bagi hasil retribusi ( DBHR) sebesar 834,2 Miliar.

Dana tersebut diperuntukan bagi 246 desa di Kabupaten Tangerang tersebut telah diserap bagi pembangunan dan pemberdayaan desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan masyarkat dan pemerintahan desa ( DPMPD) Kabupaten Tangerang H Yayat Rohiman mengatakan, pada tahun 2023 dana desa, anggaran dana desa dan PHB telah di salurkan kepada Pemerintahan Desa, ada 246 desa yang menerima masing – masing senilai 2 miliar lebih, Pemkab Tangerang berharap agar dana desa bisa menyentuh masyarakat melalui program pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kapasitas aparat desa.

“Hampir 100 persen sudah diserap oleh 246 desa di Kabupaten Tangerang,” terang kepala DPMPD Kabupaten Tangerang Yayat Rohiman,

Diketahui pada tahun 2023 ini pemerintah merealisasikan dana desa sebesar 345.6 miliar dari pemerintah pusat bagi 246 desa di Kabupaten Tangerang, sementara Alokasi dana desa yang bersumber dari APBD Kabupaten Tangerang sebesar Rp 154.5 Miliar, dana bagi hasil pajak sebesar Rp 334 Miliar

Untuk pencariannya, dana desa dibagi 3 tahap, untuk Dana Desa tahap pertama 40 persen, tahap kedua 40 persen, tahap ketiga 20 persen, sementara untuk pencairan alokasi dana desa ( ADD) menjadi dua tahap, yakni tahap pertama 60 persen dan tahap kedua 40 persen, begitu juga dana bagi hasil pajak, tahap pertama pencairannya 60 persen, tahap kedua 40 persen.