Bupati Zaki Resmikan Unit Endoskopi RSUD Balaraja, Pertama di RS Pemerintah Se-Banten

Dirut RSU Balaraja dr. Corah Usman dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Melaksanakan pemotongan tumpeng, Foto. (Istimewa)
Dirut RSU Balaraja dr. Corah Usman dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Melaksanakan pemotongan tumpeng, Foto. (Istimewa)

KABUPATEN,TANGERANG,Pelitabanten.com-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan layanan unit Endoskopi RSUD Balaraja, Rabu (23/8/23). Layanan baru ini merupakan unit pertama di rumah sakit (RS) pemerintah se-Provinsi Banten.

Dalam sambutannya, Bupati Zaki mengatakan, peresmian layanan unit endoskopi di RSUD Balaraja semakin melengkapi layanan kesehatan kepada masyarakat untuk diagnosa seluruh sistem pencernaan.

“Dengan adanya endoskopi ini nanti bisa langsung terbaca dan bisa dilihat langsung keluhannya. Proses ini juga sangat membantu karena masyarakat tidak perlu lagi dirujuk ke rumah sakit lain, cukup di RSUD Balaraja saja,” kata Bupati Zaki.

Diketahui, endoskopi adalah payung besar bagi beragam pemeriksaan yang dilakukan dengan memasukkan alat khusus ke dalam tubuh pasien. Prosedur ini dilakukan untuk melihat kondisi organ tubuh tertentu.

Prosedur ini dapat digunakan untuk mendiagnosis berbagai macam penyakit. Endoskopi juga menjadi pemeriksaan penunjang beberapa tindakan medis, seperti pengambilan sampel jaringan untuk biopsi dan operasi.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran RSUD Balaraja yang telah menyiapkan layanan unit endoskopi. Dia berharap bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Tangerang dalam rangka memberikan layanan kesehatan yang maksimal.

“Terima kasih juga atas dukungan dari Prof. Ari dan juga Kemenkes yang telah mensupport RSUD Balaraja sehingga bisa memiliki wilayah dan unit Endoskopi yang cukup baik dan bahkan ini satu-satunya layanan Endoskopi yang dimiliki oleh rumah sakit pemerintah se-Provinsi Banten,” tandasnya.

Bupati berharap RSUD Balaraja terus mengembangkan diri dan berinovasi, baik dari segi layanan kesehatannya maupun sarana dan prasarana yang terus dilengkapi sehingga nantinya bisa menjadi RSUD tipe A.

Dirut RSU Balaraja dr. Corah Usman mengatakan, masyarakat Tangerang tidak perlu dirujuk lagi ke rumah sakit swasta lain dengan adanya layanan endoskopi di RSUD Balaraja.

Menurut dia, pelayanan endoskopi di RSUD Balaraja sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dapat mendiagnosa penyakit lebih akurat dan pengobatan yang lebih tepat. Dengan demikian, masyarakat bisa menghemat biaya pengobatan dan meningkatan kualitas hidup pasien.

“Layanan endoskopi ini telah disiapkan dan dirintis oleh Ibu dokter Reni selaku dirut sebelumnya. Kami hanya melanjutkan layanan endoskopi ini, karena ini adalah salah satu layanan kesehatan yang sangat penting untuk menjangkau berbagai pengobatan penyakit di saluran pencernaan,” tutur dr. Corah.

Sementara itu, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam selaku Ketua PB Perhimpunan Endoskopi Gastrointestinal Indonesia (PEGI) menandaskan bahwa layanan unit Endoskopi di RSU Balaraja ini merupakan satu-satunya pelayanan Endoskopi yang dimiliki oleh rumah sakit pemerintah se-Provinsi Banten.

“Ini luar biasa sekali. Saya Patut memberikan apresiasi kepada Bupati Tangerang dan jajaran RSU Balaraja, akhirnya di sini ada layanan Endoskopi, alat dan tempatnya ada, dokternya juga ada,” tandasnya