Pungli, Lima Preman Kuliner Pasar Lama Tangerang Diganyang Polisi

Pungli, Lima Preman Kuliner Pasar Lama Tangerang Diganyang Polisi
Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Komarudin. Selasa, (1/2) dini hari. Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Satreskrim Polres Metro Tangerang Kota menggelandang lima orang diduga preman kawasan Pasar Lama, yang sering kali melakukan pemalakan di pusat kuliner kota Tangerang itu.

Kelimanya diamankan ke Mapolres untuk selanjutnya dimintai keterangannya oleh polisi.

Penangkapan dilakukan saat kondisi ramai menjelang perayaan tahun baru Imlek, Senin, (31/1/2022) malam.

Tugas dan peran setiap masing – masing terduga pelaku pungli ini berbeda-beda.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Komarudin menyebut, saat diamankan kelima preman itu tengah beraksi yakni melakukan pungli (meminta uang secara paksa) terhadap para pedagang di kawasan itu.

“Sudah, sudah ada lima orang yang kami amankan, terkait dugaan aksi pungli terhadap para pedagang di kawasan kuliner Pasar Lama Tangerang,” ungkap Komarudin kepada awak media, usai meninjau persiapan malam Imlek Vihara Boen San Bio. Selasa (1/2/2022) dini hari.

Menurut Komarudin, tindakan cepat anggota dilapangan adalah sebuah jawaban dari keluhan yang seringkali disampaikan para pedagang terkait praktik pungli, hingga sangat meresahkan pedagang dan masyarakat.

Terhadap kelima orang yang sudah amankan tersebut sedang dilakukan penyelidikan lebih lanjut,

“Yang berhasil kita amankan itu tugasnya bermacam-macam, ada yang menerima ataupun memungut pungli secara langsung, dan ada juga yang menjual lapak,” kata Komarudin.

Saya sampaikan, Untuk pelaku yang menjual lapak kepada pedagang di kawasan pusat kuliner Pasar Lama, nilainya mencapai Rp 5juta perlapak.

“Ada pelaku yang kami amankan perannya menjual satu lapak dagangan senilai Rp5 juta, dan transaksinya pakai kwitansi,” ungkapnya.

Sebagai komitmen perang terhadap pelaku pidana di kota Tangerang, kedepannya Komarudin menegaskan, Ia akan terus menindak tegas para pelaku yang telah meresahkan masyarakat ini

Dirinya berharap, agar masyarakat segera langsung melapor apabila merasa diintimidasi ataupun merasa mendapat ancaman dari para preman pelaku pungli di pusat kuliner Kota Tangerang ini.

“Silahkan langsung melapor kepada kami dan akan langsung kami tindaklanjuti, Kami berjanji akan menindak tegas aksi premanisme yang meresahkan,” tandasnya.