Catat! Ramadhan 2020 Terawih di Masjid Raya Al Azhom Ditiadakan

Catat! Ramadhan 2020 Terawih di Masjid Raya Al Azhom Ditiadakan
Masjid Raya Al Azhom Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Kementrian Agama akan menggelar sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1441 Hijriah tahun ini, Besok tanggal 23 April 2020.

Berdasarkan perhitungan organisasi keagamaan Muhammadiyah awal puasa Ramadhan 1441 H akan jatuh pada tanggal 24 April 2020, sedangkan Penetapan 1 Ramadhan 2020 Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), menunggu hasil rukyatul hilal pada tanggal 23 Esok.

Ada yang berbeda, selama masa pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, pemerintah menghimbau kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk meniadakan kegiatan keagamaan yang bersifat mengumpulkan banyak orang. Tak terkecuali di Kota Tangerang.

di Masjid Raya Al Azhom yang merupakan masjid terbesar kebanggaan warga Kota Tangerang dipastikan tidak akan menggelar sholat tarawih atau aktivitas yang menimbulkan keramaian lainnya selama bulan suci Ramadhan.

Sebelumnya sejak bulan Maret, kegiatan sholat Jum’at dan pengajian rutin lainnya sudah terlebih dahulu dihentikan, apalagi saat ini wilayah Kota Tangerang tengah melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna mencegah penyebaran dan memutus mata rantai Virus Corona atau Covid-19.

Baca Juga:  Empat Pelaku Perampasan Sepeda Motor Berhasil Diciduk Polsek Ciledug

“Sebelum diberlakukan PSBB di Kota Tangerang, sejak Maret sudah tidak menyelenggarakan sholat Jum’at, semua pengajian rutin dihentikan,” ujar Ketua Harian Masjid Raya Al Azhom KH. Chaerudin kepada wartawan melalui selularnya, Rabu (22/4/2020).

“Sesuai Fatwa MUI dan Peraturan Wali Kota pelaksanaan ibadah sholat terawih di tiadakan, namun masih tetap dilakukan dirumah masing-masing bersama keluarga. sampai situasi kondusif,”ujar Chaerudin.

Untuk diketahui Peraturan Walikota (perwal) nomor 17 tahun 2020 perihal Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tangerang.

Cherudin menjelaskan, tidak ada kegiatan yang menimbulkan kerumunan banyak orang di Masjid milik pemerintah Kota Tangerang seperti acara buka puasa bersama dan lain sebagainya.

“Ga ada, mudah-mudahan tidak berlangsung lama,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat Kota Tangerang agar dapat mentaati anjuran pemerintah. untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu berprilaku hidup bersih dan sehat.

Baca Juga:  Dinkes Kota Tangerang: Masyarakat Jangan Takut di Vaksin SiNovac

“Sabar menghadapi ujian ini, banyak-banyak berdoa dan memohon perlindungan Allah SWT,” tutupnya.