Rekomendasi 5 Novel Bertema Kehidupan

Rekomendasi 5 Novel Bertema Kehidupan
Sumber/ Gramedia.com Gambar novel orang-orang biasa

Pelitabanten.com – Bagi sebagian manusia yang ada di muka bumi membaca adalah kegiatan yang menyenangkan, obat dari rasa , hiburan yang dapat menghilangkan penat. Namun, membaca bagi sebagian orang yang tidak menyukainya bisa menjadi kegiatan yang amat sangat membosankan, bikin ngantuk atau malah bikin pusing kepala. Kira-kira kamu termasuk ke golongan mana nih?

Membaca ada banyak ragamnya hal tersebut kembali lagi pada masing-masing orang. Ada yang menyukai -buku berat atau non-fiksi, ada yang menyukai buku fiksi, ada juga yang menyukai campuran antara keduanya, atau menyukai koran. Bagi pecinta novel fiksi saya akan merekomendasikan 5 novel bertema kehidupan, yang di dalamnya banyak sekali pelajaran hidup yang akan kita dapatkan.

1. Orang-orang Biasa By Andrea Hirata

Novel ini mengisahkan tentang kota kecil bernama Belitong kota tersebut dikenal dengan sebutan kota kecil yang ‘naif’ novel ini bercerita tentang sekolompok orang yang sedang merencanakan . Menariknya dari sekelompok itu masing-masing diceritakan latar belakangnya, yang unik dan menggelitik, akibat dari gemparnya aksi perampokan yang tidak biasa itu membuat kota Belantik tidak lagi disebut kota yang ‘naif’. Aksi perampokan yang dilakukan sekelompok orang yang  sudah bersahabat sejak masih duduk di bangku dasar itu, mereka memiliki alasan tersendiri. Untuk lebih jelasnya kamu harus membaca sendiri.

2. Ayah dan Sirkus Pohon By Andrea Hirata

Rekomendasi 5 Novel Bertema Kehidupan
Sumber/ Mizanstore gambar novel Ayah dan sirkus pohon

Masih bukunya , jika dibandingkan dengan buku-buku Andrea Hirata yang lain buku ‘Ayah dan sirkus pohon’ termasuk buku yang lumayan tipis. Novel ini menceritakan empat tokoh yang banyak bermain peran dalam buku ini. Novel ‘Ayah dan sirkus pohon’ bercerita tentang seorang lelaki yang menjadi tokoh utama dalam novel tersebut, yang bekerja di sirkus keliling, sirkus tersebut milik seorang ibu yang selama perjalanannya banyak merasakan jatuh bangun yang kemudian menerpa para pekerjanya yang malang. Kamu bisa langsung menghabiskan novel tersebut kurang dari sehari, karena jalan cerita yang ringan dan tak membosankan.

3. Guru Aini By Andrea Hirata

Rekomendasi 5 Novel Bertema Kehidupan
Sumber/ Mizanstore gambar novel Aini

Menceritakan seorang anak bernama Aini yang berasal dari keluarga kurang mampu, namun dia bermimpi untuk sekolah kedokteran dan perjuangannya dalam menaklukkan hantu bernama ‘matematika’ Aini berusah payah belajar matematika pada seorang guru bernama guru Desi yang terkenal akan ketegasannya dalam mengajar. Dan tak tanggung-tanggung guru Desi sering mendamprat anak muridnya yang bebal dan tak memiliki kemauan untuk belajar matematika. Novel yang sangat bagus harus dibaca setiap orang karena banyak sekali nilai-nilai kehidupan di dalamnya.

4. Buku Besar Peminum Kopi By Andrea Hirata

Rekomendasi 5 Novel Bertema Kehidupan
Sumber/ Mizanstore gambar novel Buku besar peminum

Seperti biasa novel yang ditulis Andrea Hirata selalu berhasil menarik perhatian dengan cerita tokoh-tokoh nya yang unik dan menggelitik. Novel tersebut bercerita tentang seorang perempuan yang bernama Nong yang terpaksa berhenti sekolah karena Ayahnya Zam-zami mengalami kecelakaan tertimbun timah saat bekerja. Hal tersebut terpaksa membuat Nong bekerja sebagai pendingkul timah dan menjadi perempuan satu-satunya. lain pun bercerita tentang Ikaludin yang baru saja menamatkam sekolahnya di salah satu Universitas di Inggris. Namun malangnya saat kembali ke air beliau tidak bisa langsung bekerja karena kondisi perekonomian negara saat itu sedang murat marit.