Pendidikan PKM SIK UPI Serang Adakan Pelatihan Pemprograman Scracth Untuk Meningkatkan Literasi TIK...

PKM SIK UPI Serang Adakan Pelatihan Pemprograman Scracth Untuk Meningkatkan Literasi TIK Bagi Guru SD Labschool UPI Serang

PKM SIK UPI Serang Adakan Pelatihan Pemprograman Scracth Untuk Meningkatkan Literasi TIK Bagi Guru SD Labschool UPI Serang

KOTA SERANG, Pelitabanten.com– Program Studi Sistem Informasi Kelautan (SIK) UPI Kampus Serang mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Pemprograman Scracth untuk meningkatkan literasi TIK bagi SD Labschool . (21/10)

Pelatihan ini diadakan secara luring bertempat di Laboratorium Komputer UPI Serang dengan peserta sebanyak 7 orang guru SD Labschool. Pada pelatihan kali ini, Bapak Wildan Aprizal Arifin, M.Kom, dosen SIK UPI selaku instruktur pelatihan dengan dibantu oleh tiga orang mahasiswa SIK tahun 2019 yaitu Cakra Rahardjo, M. Renaldi Apriansyah, dan Dhea Rahma Azhari.

Tim PKM SIK pada tahun 2021 ini mengusung konsep program komputer dikarenakan saat ini kemampuan untuk membuat program komputer merupakan bagian krusial dari literasi. TIM PKM SIK memilih aplikasi Scracth sebagai metode pelatihan pemrograman karena Scracth cocok untuk mengenalkan pemrograman kepada anak tingkat dasar dengan cara yang interaktif dan tanpa kode pemrograman, dengan harapan guru-guru yang mengajar di yang mengikuti pelatihan ini dapat dengan mudah memahami serta mengimplementasikan program komputer.

Baca Juga:  STKIP Setia Budhi Lepas 340 peserta BKM ke Masyarakat di Kabupaten Lebak

Setelah dilakukan pelatihan, TIM PKM SIK melaksanakan kegiatan survei kepuasan peserta. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka untuk mengevaluasi pelatihan yang telah diberikan oleh TIM PKM SIK kepada para guru SD Labschool UPI Serang. Dalam survei ini akan terlihat tingkat kepuasan serta pemahaman peserta terhadap materi yang dipaparkan.

Survei diawali dengan pertanyaan lebih dulu mengenai pelatihan yang diadakan. Pertanyaan tersebut adalah “Seberapa menarik pembicara dan topik yang dibawakan pada pelatihan hari ini?”. Berdasarkan hasil, mayoritas responden sangat tertarik dengan pembicara dan topik yang dibawakan, yaitu sebesar 85,7%. Sedangkan hasil survei perihal pemrograman Scracth mencatat sebesar 85,7% menyatakan sangat mudah dan 14,3% menyatakan cukup mudah. Selanjutnya, 100% peserta pelatihan menyatakan belum pernah mengikuti kegiatan pelatihan sejenis dan merasa senang mendapatkan ilmu serta pengetahuan baru khususnya dalam bidang program komputer.

Baca Juga:  Ratusan Pelajar Se-Kabupaten Lebak Datangi Rutan Rangkasbitung

Erna yulyani selaku peserta pelatihan dan juga kepala SD Labschool UPI Serang yamenuturkan pelatihan ini cukup baik dan berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan menjadi agenda rutin.

“Pelatihan sudah cukup baik dan kami mengharapkan pelatihan seperti ini bersifat berkelanjutan dan dalam waktu yang rutin”. Ucapnya.