Kamu Belum Suka Membaca? Coba Tips Ini!

Kamu Belum Suka Membaca? Coba Tips Ini!
Ilustrasi. Pixabay/ Dariuszsankowski

Pelitabanten.com – Siapapun tahu dengan banyak membaca kita akan mendapat pengetahuan baru, karena ada selogan terkenal yaitu  ‘Buku adalah jendela dunia’. Jika kamu orang yang ingin mulai mencintai buku-buku, tapi dalam diri kamu belum ada doronan untuk membaca. Maka tips ini mungkin tepat untuk kamu.

1. Baca buku sesuai yang kamu suka

Saran dari aku pilihlah buku yang paling kamu suka. Misal kamu suka novel atau cerita pendek. Teruslah perbanyak membaca jenis buku seperti itu. Karena dengan sendirinya kamu akan terdorong untuk menyukai buku-buku lain.

2. Pilihlah buku-buku ringan

Nah ini juga penting, buku ringan disini bukan berarti bukunya ringan yah. Tapi jenis bukunya misal seperti cerpen, puisi, novel.

3. Tetapkan motivasi

Kamu tentu pernah mendengar kalau segala sesuatu tergantung pada niatnya, nah dalam membaca buku pun harus ada niat. Teguhkan dalam hati kamu motivasi apa yang mendorong kamu untuk mulai menyukai buku-buku. Dengan begıtu kamu akan sendirinya sedikit demi sedikit terdorong untuk menyukai banyak buku.

4. Memiliki rasa ingin tahu

Tentu saja kita membaca buku bukan untuk mengisi waktu luang apalagi ingjn terlihat keren. Tapi harapan kita dari buku-buku yang kita baca dapat memberikan manfaat dalam diri kita. Sehingga kita bisa membagikan sedikit pengetahuan kita yang di dapatkan dari buku yang kita baca

5. Mencari tempat yang tepat

Bagi sebagian orang membaca buku bisa menjadi healing tersendiri. Makanya banyak orang sebelum membaca buku mereka mencari tempat yang tepat. Misal kamu tidak suka membaca di tempat ramai. Kamu bisa membaca buku di kamar, di alam bebas, atau mungkin di pantai. Karena lingkungan yang kita tempati turut mempengaruhi juga loh.

6. Jangan terlalu bersemangat

Jangan paksakan membaca buku berjam-jam dalam sehari. Untuk yang baru mulai menyukai buku-buku mulai lah dengan membaca selembar atau dua lembar.

7. Ubah pola pikir mu

Jangan pernah menganggap bahwa kamu tidak suka membaca. Karena dengan begıtu akan sulit menumbuhkan minat untuk membaca. Mulai sekarang ubahlah bahwa kamu suka membaca .

Pelitabanten.com- Siapapun tahu dengan banyak membaca kita akan mendapat pengetahuan baru, karena ada selogan terkenal yaitu ‘Buku adalah jendela dunia’. Jika kamu orang yang ingin mulai mencintai buku-buku, tapi dalam diri kamu belum ada doronan untuk membaca. Maka tips ini mungkin tepat untuk kamu.