13 Jenis-jenis Pembaca Buku, Kira-kira Kamu Yang mana?

13 Jenis-jenis Pembaca Buku, Kira-kira Kamu Yang mana?
Ilustrasi. Pixabay/ Sabinepanerp

Pelitabanten.com- Pekan kemarin buku apa yang sudah kamu baca? Buku apapun itu yang pasti haruslah buku yang membawa dampak positif dalam diri kita. Membaca merupakan kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapapun, selagi ada buku yang menjadi bahan bacaan. Ngomong-ngomong Soal membaca buku, ada beberapa jenis pembaca buku loh. Melansir dari Gramedia.com setidaknya ada 13 jenis pembaca buku,  penasaran?

Berikut jenis – jenis pembaca buku :

1. Pembaca Buku Berseri

Pembaca buku yang satu ini akan melahap semua buku yang masih terkait satu sama lain. Seperti buku Percy Jackson, Harry Potter, Tetralogi Laskar Pelangi dan masih banyak lagi.

2. Pembaca Buku Setengah-setengah

Iyah betul banget, pembaca buku yang satu ini tidak membaca buku sampai selesai. Entah karena rasa malas atau hilangnya fokus mereka ketika sedang membaca. Sehingga menyebabkan rasa ketertarikan mereka terhadap buku tersebut hilang.

3. Pembaca Ulung

Pembaca jenis ini akan membaca ulang buku-buku favoritnya, tanpa rasa bosan. Meski sudah berulangkali membacanya.

4. Pembaca Spoiler

Wah pembaca jenis ini adalah pembaca yang langsung meloncat ke chapter terkahir, karena ingin langsung tau ending-nya.

5. Pembaca yang Baperan

Kita tentu pernah ketika sedang menonton film kita jatuh cinta pada salah satu aktornya, begitupun dengan membaca buku. Kita bisa terbawa suasana atau jatuh cinta pada salah satu tokohnya. Sehingga kita bisa menangis, Tertawa, bahkan marah-marah.

6. Nonton Dulu Baru Baca

Sudah ada banyak film yang diangkat dari sebuah novel, nah jenis pembaca ini mereka maunya nonton filmnya dulu baru baca bukunya.

7. Pembaca Berjiwa Muda

Pembaca jenis ini meski sudah berumur alias tua mereka masih tetap menyukai  novel Young Adult ataupun teenlit

8. Penggila Buku Fiksi

Kalau yang ini jenis pembaca buku fiksi garis keras hingga mereka anti membaca buku non-fiksi.

9. Penggila Buku Non-fiksi

Kalau yang tadi pembaca buku fiksi garis keras, berarti yang ini jenis pembaca buku non-fiksi garis keras. Mereka lebih tertarik pada sebuah cerita yang memang benar adanya. Atau menyukai sesuatu hal yang bisa memberikan mereka pengetahuan baru. Seperti sejarah, biologi, biografi dan lain-lain.

10. Pembaca Setia Buku Fisik

Seperti namanya pembaca buku fisik ini lebih menyukai buku fisik ketimbang  e-book. Karena dengan membaca e-book kita tidak bisa merasakan halusnya kertas dan bau kertas yang khas. Intinya feel-nya beda.

11. Pembaca Klub Buku

Pembaca jenis ini biasanya mendiskusikan buku-buku yang telah dibacanya bersama teman-teman klub nya.

12. Pembaca Poligami

Wah jika kamu pernah mendengar istilah multitasking yang berarti bisa melakukan sesuatu secara bersamaan. Nah jenis pembaca buku pun begitu. Mereka bisa membaca satu atau dua buku. Meski satu bukunya belum selesai dibaca.

13. Pembaca  Buku Berat

Pembaca jenis ini menyukai buku-buku berat seperti sastra, literatur, sejarah, filsafat dan lain-lain.

Gimana?  Apakah kamu termasuk ke dalam salah satu nya?