Hilang Mood Saat Membaca: Reading Slump Begini Cara Mengatasinya

Hilang Mood Saat Membaca: Reading Slump Begini Cara Mengatasinya
ILUSTRASI (Pixaby/bacnk90)

Pelitabanten.com – Buku merupakan jendela dunia, karena berisi banyak wawasan yang membuka pikiran dan cara pandang kita terhadap sesuatu.

Untuk sebagian orang, membaca buku menjadi sebuah kewajiban yang dilakukan tiap harinya, karena memberikan banyak manfaat. Bahkan menyediakan waktu khusus untuk membaca buku.

Buku tidak hanya memberi wawasan, namun juga meningkatkan kinerja otak, mengurangi stress, dan lainnya. Maka tak heran jika banyak oraang-orang sukses yang menjadikan membaca sebagai rutinitas keseharian mereka.

Tapi pernah gak sih kamu merasa kurang bersemangat dalam membaca, atau tidak fokus. Ternyata itu ada istilahnya loh, yaitu Reading Slump. Yaitu keadaan dimana kita merasa kurang motivas, tidak fokus, dan bersemangat saat membaca buku.

Tapi tenang saja, kondisi ini bisa terjadi pada siapa dan kapanpun. Biasanya penyebab mengalami reading slump adalah karena terlalu sibuk dengan pekerjaan, terlalu nyaman menonton film, dan berbagai penyebab lain yang mambuat kita hilang motivasi saat membaca buku.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk keluar dari kondisi reading slump :

1. Istirahat sejenak

Tidak perlu khawatir atau emosi berlebih saat menalami kondisi reading slump ini. Kamu bisa berjalan sebentar ke taman, atau berolahraga untuk mengembalikan motivasi untuk membaca. Luangkan waktu sejenak, tidak apa sehari tidak membaca, dan gunakan waktu untuk berisitrahat.

2. Ubah suasana membaca

Mungkin kamu perlu merombak sedikit suasana membaca kamu, agar mendapat suasana baru yang lebih membuat kamu nyaman. Mungkin rak buku kamu bisa disimpan di dekat jendela kamar, sehingga kamu bisa membaca sembari menikmati angin yang sepoi. Kamu juga boleh menggunakan pewangi ruangan loh biar lebih nyaman saat membaca.

3. Ubah genre bacaan

Kalau kamus sedang tidak bersemangat membaca novel dengan genre romantis, kamu boleh mencoba bacaan dengan genre thriller, atau action. Siapa tahu mood membaca kamu kembali.

4. Membaca ulang buku kesukaan kamu

Tidak ada masalah loh kalau kamu membaca ulang buku yang sudah pernah dibaca. Mungkin kamu akan lebih bersemangat untuk membaca selepas membaca ulang buku kesukaan kamu.

Demikian beberapa cara untuk keluar dari kondisi reading slump. Semangat terus membacanya!