Dindik Kota Tangerang Akan Keluarkan SE Imbauan Sedekah Minyak Jelantah di Sekolah

Didik Kota Tangerang Akan Keluarkan SE Imbauan Sedekah Minyak Jelantah di Sekolah
Minyak Jelantah atau Minyak Digunakan untuk Menggoreng Berkali-kali Disedekahkan ke Masjid. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang bersama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangerang akan menjalankan program sedekah minyak jelantah di seluruh sekolah – sekolah yang ada di wilayah Kota Tangerang, Banten.

“Kami menyambut baik inovasi yang dilakukan DMI Kota Tangerang, sedekah minyak jelantah ini adalah minyak yang tidak dipakai lagi di masyarakat,” ungkap Kepala Disdik Kota Tangerang, Jamaludin kepada Pelitabanten.com di Masjid Raya Al-Azhom. Minggu (30/7/2023).

Menurut DMI Kota Tangerang, Minyak jelantah yang dikumpulkan ini akan di proses dan diproduksi menjadi sabun maupun bahan bakar alternatif. Hasilnya cukup fantastis berupa umrah gratis untuk masyarakat hingga santunan bagi anak – anak yatim piatu yang ada di Kota Tangerang.

“Ini kan bagus untuk Edukasi, sedekah itu tidak selalu dengan uang atau materi. Yang dianggap limbah masyarakat seperti minyak jelantah ini bisa juga disedekahkan, tidak dibuang begitu saja lalu mencemari lingkungan,” ujar Jamal.

Apalagi kata Dia, hasil dari proses produksi minyak jelantah ini akan diserahkan kepada baznas. Jika sudah terkumpul banyak hasil itu dikembalikan lagi kepada DMI Kota Tangerang. Contohnya saat ini di Festival Al-Azhom 2023, hasilnya bisa untuk mengumrahkan masyarakat ke Tanah Suci Mekah.

“Tidak hanya umrah hasil juga akan diserahkan kepada yayasan yatim piatu yang ada di kota Tangerang, inikan sangat luar biasa,” ujarnya.

Jamal mengungkapkan, Program sedekah sampah di sekolah-sekolah hingga saat ini masih terus berjalan bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang.

Selanjutnya, untuk Program Sedekah Minyak Jelantah atau minyak bekas menggoreng berkali-kali di rumah tangga oleh ibu-ibu, Dindik Kota Tangerang akan mengeluarkan Surat Edaran (SE,) berisi imbauan agar sekolah-sekolah melakukan sedekah minyak jelantah.

“Para pengawas, guru-guru, orang tua murid juga bisa sedekah minyak jelantah, dari pada di buang yang dapat mencemari lingkungan, lebih bagus disedekahkan dan bermanfaat untuk sesama,” tukas Jamal.