Pendidikan Cerita Gerakan Literasi Desa Warungbanten dalam Festival Harbuknas 2021

Cerita Gerakan Literasi Desa Warungbanten dalam Festival Harbuknas 2021

Serang, Pelitabanten.com – Perhelatan , 26-30 Mei 2021 di Audiotorium Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang- memasuki hari terakhir. Di puncak acara, panitia menggelar Diskusi Gerakan Literasi Masyarakat bersama Forum TBM Banten menghadirkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banten Usman Assyidiqi Qohara, Kelapa Ruhandi, dan Ketua forum TBM Banten Andri Gunawan.

Dimoderatori oleh Duta Baca Provinsi Banten Rahmat Heldi, diskusi berjalan hangat membahas persoalan seputar gerakan literasi dan sebaran buku.

“Bicara literasi secara nasional sangat penting, kami berkomitmen bagaimana buku dapat tersebar di seluruh wilayah provinsi Banten, salah satunya dengan program Silang Layang,” kata Kepala DPK banten, Minggu (30/5/2021).

menyampaikan pemaparannya tentang langkah-langkah gerakan literasi di desanya, hal tersebut ditanyakan oleh peserta berasal dari Makasar.

“Gerakan literasi kami lakukan berdasarkan kerelawanan yang melibatkan semua unsur, yakni pemuda, tokoh agama, dan tokoh adat. Sehingga apapun yang dilakukan terkait literasi dapat diterima semua lapisan,” tutur Jaro Ruhandi.

Baca Juga:  Maha Karya Glori Show 2018​ SMK Global Mandiri Dihadiri 1.000 Siswa

Perserta diskusi yang hadir dari kalangan pegiat literasi di Banten terlihat antusias mengikuti kegiatan. Forum TBM Provinsi Banten menginisiasi donasi gerakan sejuta buku yang sudah menghasilkan banyak donasi, diantaranya dari Wakil Andika Hazrumy.

“Kami juga menggalang donasi dalam bentuk Gerakan Sejuta Buku. Alhamdulillah, Bapak Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy,” ujar Andri Gunawan.

Dalam diskusi tersebut, panitia memberikan kenang-kenangan kepada para penanya masing-masing satu buku bagi satu penanya. (*)