Belajar Bahasa Inggris Sejak Usia Dini, Perlukah?

Belajar Bahasa Inggris Sejak Usia Dini, Perlukah?
ILUSTRASI (Ivan Shilov/Unsplash)

Pelitabanten.com – Di era yang sudah modern seperti sekarang mempelajari Bahasa asing sangatlah penting terutama . Mampu berbahasa Inggris bukan hanya hal yang bagus tetapi sebuah keharusan di era sekarang. Sementara itu, mempelajari bahasa akan lebih baik jika dilakukan sejak usia muda. Oleh karena itu, generasi muda jaman sekarang perlu mempelajarinya sedini mungkin agar memperoleh hasil yang baik. Bahasa Inggris bukan hanya Bahasa yang digunakan oleh orang-orang Inggris tetapi Bahasa internasional di dunia.

Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, bahasa ini merupakan bahasa ibu untuk lebih dari 400 juta orang diseluruh dunia. (Dilansir dari Wikipedia). Setiap hari, jutaan orang menggunakan bahasa inggris di tempat kerja maupun di kehidupan sosial. Ketika kepala negara saling bertemu dalam tingkat dunia, bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling sering digunakan. (Dilansir dari EF Blog).

Salah satu alasan terbaik orang harus belajar bahasa asing terutama Bahasa Inggris adalah agar membuka kesempatan baginya untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di masa depan. Memiliki kemampuan untuk berbicara lebih dari satu bahasa akan menjadi nilai tambah bagi anak saat mencari pekerjaan di kemudian hari.

Mengapa perlu belajar Bahasa Inggris sejak usia dini? Pertama, anak-anak memiliki masa belajar cemerlang yang disebut golden age, usia 6—12 tahun, yang memungkinkannya belajar bahasa dengan cepat. Otak mereka masih elastis sehingga bisa menyerap materi pelajaran dengan mudah, apalagi jika materi tersebut berkaitan dengan bahasa yang digunakan sebagai sarana komunikasi. Kedua, memori otak anak-anak luar biasa. Daya ingatnya yang tinggi membuat mereka mudah menyerap suatu materi dan mengingatnya hingga waktu yang lama. Ketiga, anak-anak memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar. Mereka suka bertanya, mengeksplor sesuatu, dan mencari serta menemukan cara-cara baru untuk dipraktikkan. Ini membuat mereka lebih mudah mempelajari bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan tanpa terkesan sedang belajar.

Lalu apakah manfaat mempelajari Bahasa Inggris?. Banyak sekali manfaat yang dapat kita dapat dari belajar Bahasa Inggris terutama sejak usia dini. Berikut adalah beberapa manfaatnya :

Bagi mereka yang ingin berkuliah ke luar negeri, mempelajari Bahasa Inggris merupakan sebuah kewajiban. Terlebih lagi jika negara tujuannya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Selain itu, hampir semua universitas top dunia berada di negara-negara berbahasa Inggris seperti Amerika Serikat, Inggris. Jika kamu menguasai bahasa Inggris dengan baik, maka peluang kamu untuk dapat diterima di universitas-universitas tersebut akan terbuka lebih lebar. (dilansir dari wallstreetenglish.co.id)

Bahasa Inggris yang merupakan Bahasa internasional sangat berguna saat kamu jalan-jalan atau liburan ke luar negeri. Hampir semua orang di dunia mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa asli mereka. Itu artinya, kemana pun kamu pergi, bahasa Inggris merupakan alat komunikasi yang umum dijumpai. Dengan menguasainya, bepergian ke negara apa pun akan lebih mudah dan lebih cepat karena tidak terhalang oleh kesulitan komunikasi. (dilansir dari wallstreetenglish.co.id)

  •  Pekerjaan

Pada jaman modern seperti sekarang perusahaan-perusahaan melihat calon karyawan yang dapat berbahasa Inggris sebagai nilai plus daripada calon karyawan yang tidak dapat berbahasa Inggris dan juga banyak perusahaan yang mencantumkan kemampuan berbahasa Inggris sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi. Terutama bagi perusahaan-perusahaan multinasional. Hal ini dikarenakan perusahaan-perusahaan tersebut membutuhkan karyawan yang mampu berkomunikasi dengan partner atau pelanggan yang berasal dari luar negeri. (dilansir dari wallstreetenglish.co.id)

Akan tetapi mengapa di Indonesia orang-orang cenderung malas mempelajari Bahasa Inggris? . Beberapa alasannya seperti “Ngapain sih belajar Bahasa Inggris kan kita orang Indonesia” , “Males ah belajar Bahasa Inggris , susah” dan alasan-alasan lain. Pemikiran seperti ini masih banyak di Indonesia mulai dari kalangan tua bahkan sampai kalangan anak muda. Anak sekolah malas belajar Bahasa Inggris karena pelajaran bahasa Inggris dianggap sulit untuk dipelajari. Karena siswa harus menguasai empat keterampilan. Mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking). Keempat keterampilan tersebut seharusnya diterapkan secara menyeluruh (integrative), Dengan harapan siswa dapat menggunakan bahasa untuk berkomunikasi secara lisan maupun tulisan. Tapi kenyataannya, siswa kurang menyukai pelajaran bahasa Inggris. Akibatnya harapan untuk memperoleh nilai UN (Ujian Nasional) yang tinggi belum tercapai. (dilansir dari jatengpost.co.id)

Bagi siswa, pelajaran bahasa Inggris bukan hal baru. Tetapi kenyataanya, masih di anggap pelajaran yang sulit dan tidak menarik. Berdasarkan pengalaman saya pribadi di kelas pada saat pembelajaran Bahasa Inggris, terlihat siswa tidak tertarik, acuh tak acuh. Beberapa siswa mengobrol dengan teman sebangkunya, siswa yang lain membuat keributan. Pada saat guru memberikan pertanyaan mereka langsung berpura-pura membaca dan saat menjawab , jawaban yang diberikan salah. Terkadang saat ujian kebanyakan mengisi dengan asal atau “nembak” atau jika bukan mereka akan mencontek jawaban temannya. Banyak faktor-faktor yang dirasa mempengaruhi rendahnya minat siswa yang belajar Bahasa Inggris seperti belajar Bahasa Inggris dianggap tidak seru , kurangnya kompetensi guru dalam mengajar murid , atau kemampuan siswa itu sendiri dan banyak faktor lainnya. Banyak kosa kata baru dan struktur kalimat yang  berbeda dengan bahasa Indonesia. Tidak mau menghafal kosa kata, akan membuat siswa semakin kesulitan belajar bahasa Inggris.

Bahasa Inggris yang merupakan Bahasa internasional sangatlah penting dipelajari di era modern sekarang, akan lebih baik lagi jika dipelajari sejak usia dini. Dilihat dari banyaknya manfaat yang kita dapat dari belajar Bahasa Inggris dapat membantu kita dalam berbagai aspek kehidupan mulai dari berkomunikasi , pekerjaan , Pendidikan dan masih banyak lagi. Tetapi minat belajar Bahasa Inggris di Indonesia masihlah sangat minim, siswa-siswi cenderung tidak suka belajar Bahasa Inggris dengan berbagai alasan. Menurut saya solusi nya ialah Indonesia mungkin harus mencoba mencontoh sistem Pendidikan negara asing yang saya lihat di sosial seperti youtube dan Instagram. Di negara asing seperti jepang dan australia murid-murid untuk belajar Bahasa Inggris , tidak hanya Bahasa Inggris tetapi pelajaran lain pun juga begitu. Indonesia juga bisa memperbaiki kualitas jam belajar agar siswa tidak mudah jenuh. Lalu jawaban yang bisa saya berikah mengenai topik artikel sekaligus pertanyaan-pertanyaan diluar sana yaitu “Perlukah Belajar Bahasa Inggris Sejak Usia Dini?” adalah Ya, mempelajari Bahasa Inggris sejak usia dini sangatlah perlu di era yang sudah modern sekarang.

Penulis: Adrian Farid ( jurusan Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Syarif  Jakarta)

Pemerhati dan penikmat musik, bergabung dengan Pelita Banten pada tahun 2017 sebagai Jurnalis