Pendidikan 10 Aplikasi Mempermudah Belajar Bahasa Inggris

10 Aplikasi Mempermudah Belajar Bahasa Inggris

10 Aplikasi Mempermudah Belajar Bahasa Inggris
ILUSTRASI: 10 Aplikasi Mempermudah Belajar Bahasa Inggris. (Tumisu/Pixabay)

Pelitabanten.com – Semenjak pandemi, bepergian keluar rumah dibatasi karena mencegahnya penularan virus di luar rumah yang bisa terjadi secara cepat, sehingga kamu jadi bingung ingin melakukan apa di rumah. Tenang saja, tidak perlu bingung harus apa untuk mengisi waktu luang di rumah dengan melakukan hal yang bermanfaat untuk ke depannya, kamu bisa melakukan hal yang bisa meningkatkan skill kamu yaitu kamu bisa meningkatkan skill bahasa .

merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi oleh manusia di seluruh dunia. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang mudah untuk dipelajari dan kosa kata yang dimilikinya melimpah dan terus bertambah tiap tahunnya. Bahkan beberapa negara menjadikan bahasa inggris menjadi bahasa utama mereka.

Di Indonesia, bahasa inggris bukan merupakan bahasa utama, tetapi, bahasa inggris dipakai sebagai syarat untuk mendapatkan beasiswa baik dalam negeri maupun luar negeri, dan beberapa perusahaan pun mencantumkan syarat bisa berbahasa inggris bagi  para pelamarnya. Tidak hanya itu, jika kalian ingin berpergian ke luar negeri yang dimana bahasa inggris merupakan bahasa utama negara tersebut, mau tidak mau kita harus bisa bahasa inggris. Maka dari itu, kita sebagai warga negara Indonesia, yang bahasa inggris bukan sebagai bahasa utama kita, mulai dari sekarang kita belajar untuk meningkatkan skill bahasa inggris agar dapat berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dengan baik.

Tanpa kursus berbayar, kita dapat meningkatkan skill berbahasa inggris kita melalui aplikasi. Di era globalisasi ini, tidak diragukan lagi perkembangan tekonologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat. Hal ini dibuktikan dengan adanya aplikasi yang terus bermunculan, yang dibuat oleh para pembuat aplikasi yang ditujukan agar bisa bermanfaat bagi para target penggunanya, termasuk dengan aplikasi yang dibuat untuk mempermudah belajar bahasa inggris.

Baca Juga:  SD Negeri Cipondoh 5 Dijadikan Percontohan

Berikut merupakan aplikasi yang dapat kita pakai untuk mempalajari bahasa Inggris:

WordUp Vocabulary

Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan kosakata bahasa inggris dan membuat goals yang ingin kamu capai. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyenangkan dan menarik karena contoh yang diberikan tiap katanya berasal dari film atau acara tv.

Memrise

Dilansir dari blog.compactbyte.com, ini adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu kamu untuk memperluas kosakata, dan dapat me-review ulang tiap kata sehabis kamu mempelajarinya. Dalam aplikasi ini juga terdapat latihan listening dan pengucapan atau pronounciation. Juga tidak membosankan karena di aplikasi ini terdapat game yang menyenangkan agar kita tidak cepat bosan saat belajar. Tidak hanya bahasa inggris saja yang dapat kamu pelajari, tetapi juga bahasa asing yang lain.

English Grammar Test

Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mengecek mengenai grammar. Kamu mengikuti tes grammar yang ada di aplikasi tersebut dan bisa mengetahui skor yang kamu dapatkan dalam tes tersebut, dan tentunya juga bisa melihat kemajuan kamu dalam persoalan grammar. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pengingat atau reminder agar kamu lanjut belajar setelah kamu keluar dari aplikasinya.

Duolingo

Dalam aplikasi ini, kamu bisa mempelajari dasar-dasar mendengar, berbicara, menulis, membaca, dan tata bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Saat baru memakai aplikasi ini, kamu akan diuji seberapa tahu kamu mengenai bahasa inggris. Aplikasi ini tidak hanya meneyediakan untuk belajar bahasa inggris, tetapi juga bahasa asing yang lain, seperti bahasa Jerman, Rusia, Jepang, Korea, dan lain-lain.

Baca Juga:  Junjung Sportivitas dan Lestarikan Kesenian, Stella Maris School BSD Gelar Sport League dan Pentas Seni

Busuu

Dilansir dari situs trikinet.com, aplikasi ini merupakan aplikasi komunitas belajar bahasa asing, yang dimana kamu dapat berinteraksi dengan sesama anggota yang juga sedang belajar bahasa inggris atau asing. Latihan kamu bisa dikoreksi langsung oleh natives. Aplikasi ini sangat menyenangkan karena pembelajarannya selalu dilengkapi dengan gambar dan juga suara yang dapat melatih skill listening kamu.

U-Dictionary

Aplikasi ini dapat membantu kamu dalam menerjemah, baik melalu teks, gambar, atau percakapan. Dalam aplikasi ini juga terdapat game menarik yang bisa dimainkan, jadi saat proses belajar tidak terasa membosankan. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan tips-tips yang bermanfaat seperti how to speak English fast and understand natives, memberikan penjelasan macam-macam arti kosakata dan grammar yang tiap harinya pembahasan yang diambil berbeda-beda, dan terdapat artikel yang bisa kamu baca atau tonton sambal melatih kemampuan bahasa inggris kamu.

ELSA Speak

Aplikasi ini dapat melatih skill speaking kamu karena bisa merekam suara kamu sesuai teks yang sudah disediakan, setelah itu pengucapan atau pronounciation kamu dinilai dalam aplikasi tersebut. Dalam aplikasi ini juga bisa melihat proses kemampuan kamu sudah sampai mana.

Vocabulary Builder

Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mempelajari kosakata atau vocab dari yang mudah sampai yang sulit atau jarang didengar. Terdapat definisi dan contoh kalimat di tiap kata, dan kamu juga bisa melihat proses pembelajaran bahasa inggris kamu. Terdapat game menarik dalam aplikasi ini yang bisa dimainkan bersama sesama anggota, yang juga sedang belajar.

Baca Juga:  Sesaat Jelang Berbuka Puasa, Mahasiswa Binamadani Bagi-Bagi Makanan

Cake

Dilansir dari situs trikinet.com, aplikasi Cake merupakan sebuah aplikasi khusus untuk belajar bahasa inggris. Aplikasi ini dapat membantu kamu dalam berbicara atau speaking, mendengar atau listening, dan menambah kosakata. Dalam aplikasi ini juga dapat mempelajarai grammar, dan cara menggunakannya dalam sebuah percakapan sehari-hari.

EnglishScore

Dilansir dari situs beritasatu.com, aplikasi ini dapat membantu kamu untuk menguji kemampuan bahasa inggris kamu. Jika kamu ingin mengikuti tes kemampuan bahasa inggris untuk melihat sampai mana kamu proses belajarmu, kamu bisa men-download aplikasi ini dan mengikuti tes yang ada di dalam aplikasinya. Nilai kamu akan didapatkan berdasarkan kosakata, tata bahasa, skill mendengarkan dan membaca. Setelah berhasil mengikuti tesnya, kamu dapat membeli sertifikat diakui dan disedikan oleh British Council.

Nah, penjelasan di atas merupakan beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan skill atau kemampuan bahasa inggris kamu yang dapat di download secara gratis di play store, di luar itu terdapat beberapa fitur dalam aplikasi tersebut yang baru bisa digunakan jika kamu sudah berlangganan. Jangan lupa untuk terus berlatih karena jika hanya berlatih sekali-dua kali, tentu saja kemampuan bahasa inggris kamu tidak dapat meningkat secara cepat.

Penulis: Arnesya Putri Nindhita ( Jakarta)