Waspada Banjir 2021, Kecamatan Cipondoh Gelar Apel Gabungan Siaga Bencana

Waspada Banjir 2021, Kecamatan Cipondoh Gelar Apel Gabungan Siaga Bencana
Apel Siaga Bencana 2021 berlangsung di Parkiran Pasar Rubuh, Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang. Rabu, (1/12). Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Personil gabungan dari berbagai unsur di Kecamatan Cipondoh, mengikuti apel gabungan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam. Mulai dari jajaran kelurahan, polsek, koramil, BPBD, PUPR, Puskesmas, DLH, RT, RW, Pokdar, Bakorkonwil hingga satgas kebersihan.

Apel tersebut berlangsung di Parkiran Pasar Rubuh, Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Rabu (1/12/2021).

Diketahui, apel siaga yang diikuti 150 personil ini ditujukan untuk memastikan lebih jelas kesiapan personil hingga peralatan, jika terjadi bencana alam.

Salah satunya, musim penghujan yang telah diprediksi BMKG, hingga berpotensi bencana banjir.

Camat Cipondoh, Rizal Ridolloh mengungkapkan, sejumlah petugas sudah melakukan pengecekan aliran saluran BTT, sebagai salah satu bantaran Kali Angke.

“Petugas juga bersih-bersih saluran BTT secara bersama-sama. Sehingga, aliran yang tadinya sempat terhambat, bisa kembali lancar,” ungkap Rizal.

Kata Rizal, dalam waktu dekat Kecamatan Cipondoh akan membuka posko siaga bencana, untuk mengantisipasi bencana banjir, angina kencang hingga pohon tumbang. Disamping itu, Kecamatan Cipondoh juga mensiagakan nomor call center, yang dapat dihubungi masyarakat jika ada informasi atau terkena bencana alam.

“Masyarakat bisa menghubungi petugas di call center kecamatan yaitu 021-5574-6255 atau bisa langsung ke Kasie Tramtib Cipondoh di nomor 0812-9672-5777. Petugas sudah kita siagakan 24 jam, sedangkan posko siaga tiga pilar dalam proses persiapan,” jelasnya.

Sementara itu, Rizal mengungkapkan titik rawan banjir di Kecamatan Cipondoh ialah Kelurahan Petir dan Kelurahan Gondrong.

“Dengan itu, masyarakat Petir dan Gondrong kami imbau untuk lebih waspada akan bencana alam banjir. Namun secara keseluruhan masyarakat Cipondoh untuk selalu waspada, melaksanakan kerjabakti kebersihan lingkungan sehingga dampak bencana alam bisa diminimalisir sebaik mungkin,” pungkasnya.