Wakil Wali Kota Tangerang Sebut Data Itu Ruh dari Sebuah Kebijakan

Wakil Wali Kota Tangerang Sebut Data Itu Ruh dari Sebuah Kebijakan
Sachrudin, Wakil Wali Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Ketersediaan data yang valid menjadi hal yang sangat penting dalam penentuan kebijakan dari sebuah pemerintahan.

Dan untuk mewujudkan itu Pemerintah Kota Tangerang menggelar Focus Group Discussion (FGD) Tangerang Satu Data Satu Peta Tahun 2023 yang diselenggarakan di salah satu hotel di kawasan Gading Serpong dari tanggal 15 Februasi – 16 Februari 2023.

Wakil Wali Kota, Sachrudin yang membuka acara tersebut menyampaikan data adalah ruh dari sebuah kebijakan.

Menurutnya suatu kebijakan akan menjadi salah bila didasarkan pada data yang tidak tepat, pun sebaliknya.

” Tanpa data kita tidak dapat membuat perencanaan dan implementasi kegiatan dengan tepat sasaran,” Ujarnya saat memgawali sambutannya, Rabu (15/2/2023).

Selain itu Sachrudin juga menyampaikan program Tangerang Satu Data Satu Peta menjadi bukti komitmen pemkot Tangerang dalam pengembangan sektor dengan penyediaan data yang valid sehingga kebijakan yang ditempuh dapat tepat guna dan tepat sasaran.

“Data yang saat ini dikembangkan oleh Pemkot Tangerang, telah memperhatikan prinsip satu data dan Tangerang Satu Data Satu Peta juga harus dapat menjadi rujukan dalam monitoring, perencanaan dan sistem penganggaran yang dilakukan,” Paparnya.

Sebagai informasi, Tangerang Satu Data Satu Peta adalah program yang digaungkan Pemkot Tangerang sejak tahun lalu dengan memadukan pengembangan aplikasi berbasis web dan telah terintegrasi dan terhubung dengan aplikasi Simojang milik Badan Informasi Geospasial (BIG).

Dimana, hingga saat ini jumlah data yang telah tersaji dalam Tangerang Satu Data sebanyak 5.061 elemen data, sedangkan data geospasial dalam Tangerang Satu Peta sebanyak 2.277 data, di mana keseluruhan data dihasilkan oleh 40 OPD dan tiga BUMD di Kota Tangerang.