Virtual Job Fair, Inovasi Atasi Pengangguran di Tengah Pandemi 2022

Virtual Job Fair, Inovasi Atasi Pengangguran di Tengah Pandemi 2022
Mualim, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Sejak September 2020, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) rutin mengadakan Virtual Job Fair, sebagai solusi mengatasi pengangguran di Kota Tangerang.

 

Pada tahun 2021 lalu, inovasi dilakukan Pemkot yaitu dengan menggelar Job Fair di setiap Kelurahan di Kota Tangerang.

“Untuk ke depan, selain kami akan rutin mengadakan Virtual Job Fair, kami juga akan kembali mengadakan Job Fair Kelurahan. Di tahun 2022 ini, Job Fair Kelurahan akan kami laksanakan per-tiga bulan sekali,” ungkap Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Mualim, saat ditemui di ruangannya, Selasa (25/1/2022).

Mualim melanjutkan, di tahun 2022 ini akan ada inovasi-inovasi lain untuk menangani jumlah pengangguran di Kota Tangerang yaitu dengan aplikasi Tangerang Cakap Kerja.

“Jadi, Tangerang Cakap Kerja merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai macam pelatihan, akses info lowongan pekerjaan. Masyarakat dapat mengakses berbagai macam kebutuhan untuk meningkatkan skill maupun info lowongan,” lanjutnya.

Di aplikasi Tangerang Cakap Kerja ada dua jenis pelatihan yaitu online dan offline. Masyarakat dapat mengakses materi pelatihan yang diinginkan melalui aplikasi Tangerang Cakap Kerja.

“Untuk pelatihan offline, nanti akan dikurasi. Masyarakat nanti harus apply, kemudian akan ada asesmen, nanti yang terpilih akan melakukan pelatihan secara offline,” tutur Mualim.

Mualim menambahkan, setelah melakukan pelatihan, baik online maupun offline, masyarakat akan mendapatkan sertifikat sesuai kelas yang dipilih.

“Nanti akan dapat sertifikat sesuai kelas yang diikuti. Bahkan nanti yang terbaik, akan diajukan untuk mendapatkan sertifikat BNSP secara gratis,” tambahnya.

Selain Tangerang Cakap Kerja, ada juga Pusat Pasar Kerja yang sedang dikaji. Pusat Pasar Kerja merupakan pusat informasi tentang lowongan kerja juga sekaligus konsultasi untuk pengembangan karir.

“Ini nanti sistemnya offline dan kami akan siapkan tempatnya baik di gedung Disnaker atau tempat lain di pusat kota yang mudah diakses oleh masyarakat,” ujar Mualim.

Mualim berharap, masyarakat dapat semakin terbuka aksesnya akan adanya lowongan kerja yang ada di Kota Tangerang. Lalu, diharapkan juga masyarakat mendapatkan lowongan kerja yang variatif.

“Kami berharap juga tingkat pengangguran di Kota Tangerang dapat menurun. Maka dari itu manfaatkan Virtual Job Fair sebaik mungkin,” harapnya.

Sebagai informasi, Virtual Job Fair akan kembali hadir pada, Rabu (26/1/22) dengan 1.617 lowongan, dari 18 perusahaan dan 78 formasi jabatan, untuk SMA/SMK sederajat hingga S1.