TPA Rawa Kucing Proses Pendinginan, Semangat Pemadam Tak Pernah Padam

TPA Rawa Kucing Proses Pendinginan, Semangat Pemadam Tak Pernah Padam
Meski Kondisi Sudah Terkendali, Petugas Pemadam Tetap Siaga di TPA Rawa Kucing. Selasa, (31/10). Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan mengungkapkan bahwa kondisi kebakaran TPA Rawa Kucing semakin terkendali.

Kondisi terakhir di hari ke-12 dilaporkan petugas masih terus bersiaga dan terus melakukan pendinginan di area TPA seluas 34,8 Hektare itu.

Mulai kondusifnya TPA dari asap dan api sebab operasi pemadaman itu dilakukan oleh seluruh pihak.

Tak hanya OPD dari Pemerintah Kota Tangerang namun berbagai bantuan dari BNPB, KLHK, PMI, serta petugas pemadam kebakaran dari DKI Jakarta, Kabupaten Tangerang, hingga Kota Tangerang Selatan.

“Kami ucapkan terima kasih pada seluruh stakeholder terkait. Lalu, dengan bantuan seluruh pihak yang terjun langsung ke lapangan dan serta bantuan-bantuan logistik juga doa bagi kami sangat-sangat membantu. Mudah-mudahan TPA Rawa Kucing dapat segera 100 persen aman,” beber Maryono, Senin (30/10/2023).

Mitigasi dan strategi pemadaman dinilainya berperan penting dalam menangani api dan asap pekat di TPA Rawa Kucing.

Setiap petugas pemadam kebakaran, baik dari mako BPBD Kota Tangerang hingga UPT yang ada di wilayah telah mendapatkan tugas dan titik masing-masing.

Sehingga, api dan asap dapat segera ditangani.

“Strategi ini sangat penting bagaimana kami mengendalikan dan memadamkan api dengan maksimal. Dengan semangat seluruh petugas alhamdulillah api di TPA Rawa Kucing kini dapat terkendali. Ini juga dapat menjadi pelajaran bagi kami untuk menyiapkan dan menggunakan strategi yang baik untuk menangani bencana-bencana lainnya tak hanya kebakaran,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPT BPBD Batuceper, Ucok Negara mengatakan bahwa semangat seluruh tim masih belum padam meskipun hari ini sudah kondusif.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang telah berjuang memadamkan api.

“Semangat para petugas sangat tinggi. Mereka sangat menjunjung motto pemadam kebakaran yaitu Pantang Pulang Sebelum Padam. Meskipun api sudah terkendali dan sekarang proses pendinginan, tetapi semangat para petugas masih belum padam,” tukasnya.