News Kabupaten Tangerang Terpilih DPK KNPI Tigaraksa Badrus Salam, Teladani Para Pendahulu

Terpilih DPK KNPI Tigaraksa Badrus Salam, Teladani Para Pendahulu

Badrus Salam terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPK KNPI) Kecamatan Tigaraksa periode 2021-2024,(Dok Ist)
Hari Guru Dinkes Tangsel

KABUPATEN TANGERANG. Pelitabanten.com  – Badrus Salam terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPK KNPI) Kecamatan Tigaraksa periode 2021-2024, Sabtu (29/5/2021).

Badrus terpilih secara aklamasi dalam musyawarah kecamatan yang dihelat di Aula Kecamatan Tigaraksa tersebut.

Pria yang lahir di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang 36 tahun yang lalu itu melanjutkan estafet kepemimpinan dari Firdaus, Ketua DPK KNPI Tigaraksa sebelumnya.

Badrus yang saat ini juga seorang aparatur sipil negara (ASN) di Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang mulai aktif di KNPI sejak tahun 2014. Ia aktif di organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) Gerakan Pemuda Ansor, salah satu OKP anggota KNPI Kecamatan Tigaraksa.

“KNPI sebagai organisasi gabungan dari OKP telah banyak melahirkan kader-kader yang telah menjadi pemimpin. Sebagai seorang ASN, saya juga banyak mendapatkan pengalaman dari beroganisasi ini,” ungkapnya.

Ia menyebut sejumlah nama yang sebelumnya pernah berkiprah di KNPI Kecamatan Tigaraksa, seperti Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Tangerang K.H Uwes Nawawi, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama H. Agus Salim, anggota DPRD Kabupaten Tangerang Tasripin, Plt Camat Legok Cucu Abdul Rasyid.

Baca Juga:  Tingkatkan Infrastuktur Wilayah, Pemkot Tangsel Lakukan Pelebaran dan Perbaikan Jalan

Nama-nama tersebut bagi Badrus membuktikan jika KNPI Tigaraksa menjadi salah satu wadah yang turut menggembleng lahirnya tokoh yang kelak menjadi pemimpin di masyarakat.

Keberhasilan sejumlah nama tersebut menurutnya tidak terlepas dari tanggung jawab lebih yang dirasakan oleh para pengurus KNPI Kecamatan Tigaraksa karena hadir di pusat ibukota Kabupaten Tangerang.

“Sehingga siapapun yang terpilih menjadi pemimpin harus memiliki nilai yang lebih. Kader KNPI Kecamatan Tigaraksa sebelumnya memiliki sikap mental demikian yang akhirnya menghantarkan para senior kami menjadi tokoh atau pemimpin di masyarakat,” ungkapnya.

Berbekal kiprahnya sebagai ASN, Badrus mencanangkan visi kepemimpinannya yaitu memberikan manfaat lebih untuk sesama dengan membuat program organisasi sesuai dengan kebutuhan dan tantangan saat ini, seperti yang selama ini telah dijalaninya sebagai Ketua GP Ansor Kecamatan Tigaraksa.

“Salah satu kegiatan kami di Ansor Tigaraksa adalah dengan mendirikan PKBM (pusat kegiatan belajar masyarakat) Bintang. Kami menyelenggarakan pendidikan kesetaraan secara gratis untuk kaum nahdlyin, salah satunya para santri di pondok pesantren yang tidak sempat mengeyam pendidikan formal. Sehingga setelah mereka selesai pesantren, mereka juga memiliki ijazah kesetaraan paket A, B, atau C,” jelasnya.

Baca Juga:  Ojol Sudah Boleh Angkut Penumpang di Kota Tangerang, Ini Aturan Yang Harus Diterapkan

Hal demikian menurutnya sangat penting, sehingga pada segmen kepemudaan pun, pendidikan dan pembekalan keterampilan akan menjadi salah satu fokus program KNPI Kecamatan Tigaraksa di bawah kepemimpinannya.

“Tentunya kami akan melanjutkan program sebelumnya yang sudah berjalan dengan baik, seperti Kemah Karya Pelajar untuk menghimpun pelajar dari 22 sekolah di Kecamatan Tigaraksa. Kemudian menyusun berbagai program sesuai dengan kebutuhan dan tantangan kepemudaan saat ini, misalnya pelatihan literasi dan multimedia,” katanya.

Kemudian untuk mengoptimalkan berbagai potensi yang ada di Kecamatan Tigaraksa, Badrus juga akan mengintenskan komunikasi dan sinergi dengan berbagai organisasi kemasyarakatan serta pemerintahan di Kecamatan Tigaraksa.

“Tentunya seorang pemuda itu tidak hanya kritis, mengkritisi berbagai kondisi dan kebijakan, namun juga memberikan solusi. Hal ini yang kami lakukan. Landasan utamanya adalah membangun jiwa kepemudaan untuk membentuk mental atau akhlak yang baik sebagai bekal untuk menjadi orang besar dengan bimbingan dari para senior,” pungkasnya.

Baca Juga:  Job Fair 2020, Pemkot Tangerang Bekerjasama Dengan 55 Perusahaan

Sementara Firdaus, Ketua DPK KNPI Kecamatan Tigaraksa sebelumnya berpesan agar kepengurusan yang terbentuk tetap menjaga soliditas dan kekompakan, menjadi pemersatu OKP, mengembangkan potensi yang ada, dan melaksanakan kegiatan yang produktif.

“Juga bermitra dengan baik dengan organisasi kepemudaan yang ada dan unsur pemerintahan Kecamatan Tigaraksa,” katanya.

Firdaus pun merasa terkesan atas kiprah para pemuda yang tergabung di KNPI Kecamatan Tigaraksa yang saat ini telah menduduki berbagai jabatan sebagai pucuk pimpinan di sejumlah organisasi sosial maupun kemasyarakatan di Kecamatan Tigaraksa.

Camat Tigaraksa Rahyuni juga mengakui hal yang sama. Dikatakannya, kiprah pengurus KNPI Kecamatan Tigaraksa telah sangat membantunya dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Kami berharap peran kepemudaan ini semakin meningkat, para pemuda benar-benar membuktikan mampu berkiprah di masyarakat sebagai pemimpin saat ini dan di masa yang akan datang,” katanya.