Stok Pangan Ramadan di Kota Tangerang Cukup, Telur dan Cabai Naik Harga

Stok Pangan Ramadan di Kota Tangerang Cukup, Telur dan Cabai Naik Harga
Harga Telur Alami Kenaikan Tinggi Jelang Ramadan 1444 Hijriah di Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Tiga hari jelang bulan puasa, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kota Tangerang, Muhdorun mengungkapkan pendataan terkait harga komoditi atau pangan. Mulai dari beras, ikan, tomat, cabai, telur, ayam, kentang dan lainnya stoknya aman pada ramadan 1444 hijriah 2023 Masehi.

“Secara umum, berdasarkan pendataan petugas didapati bahwa pasokan pangan untuk bulan Ramadan dalam kuantiti atau ketersediaannya mencukupi. Petugas pun mencatat, komoditi yang cenderung naik harganya ialah cabai dan telur ayam. Selain itu, semua dalam pantauan harga yang stabil,” ungkap Muhdorun dalam keterangannya. Senin (20/3/2023).

Informasi pangan dan harga tersebut didapat Dinas Ketahanan Pangan (DKP) setelah menggelar sidak pemantauan harga dan stok pangan atau komoditi di beberapa pasar di Kota Tangerang tadi pagi.

Sidak tersebut melibatkan tim Bulog, BPS, Polres Metro Tangerang Kota, Perumda Pasar Kota Tangerang hingga Pasar Komoditas Nasional (Komoditas). Berlangsung ditiga lokasi, yakni Pasar Anyar, Pasar Malabar dan Pasar Saraswati.

Muhdorun menyatakan, DKP selanjutnya akan berupaya menjaga kestabilan harga dan pasokan pangan, terutama pada komoditi yang sering diburu sepanjang bulan suci Ramadan.

“Dalam hal ini, DKP memastikan komoditi pangan di Kota Tangerang tercukupi ketersediaannya dengan harga-harga yang stabil di pasaran,” katanya.

DKP kota Tangerang mengimbau masyarakat khususnya emak-emak untuk lebih bijaksana dalam berbelanja dan memenuhi kebutuhan dapur selama Ramadan. Stok pangan dalam kondisi aman, sehingga masyarakat tak perlu berbelanja berlebihan, karena hal itu dapat mempengaruhi kenaikan harga pasar.

“Masyarakat juga bisa memantau harga pasar lebih dulu di aplikasi Tangerang LIVE fitur Segar. Sehingga, bisa memilih pasar mana yang lebih murah dan tidak dibohongi para oknum pedagang,” sarannya.