Sekda Kota Tangerang: Perencanaan Pembangunan Daerah Harus Transparan

Sekda Kota Tangerang: Perencanaan Pembangunan Daerah Harus Transparan
Sekda Kota Tangerang: Perencanaan Pembangunan Daerah Harus Transparan. Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman menghadiri kegiatan Pelatihan Teknis Perencanaan di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Tahun 2022. Jum’at (2/12/2022). bertempat di Hotel Olive Kota Tangerang.

Merupakan, kerjasama antara Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang dengan Laboratorium Penelitian, Pengabdian Pada Masyarakat dan Pengkajian Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran (LP3E FE UNPAD).

Dalam kesempatannya, Herman menekankan pentingnya transparansi dalam merumuskan perencanaan pembangunan daerah.

“Transparan yang dimaksud yaitu membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi tentang penyelenggaraan pemerintah daerah yang benar, jujur dan tidak diskriminatif.”

“Serta tetap memperhatikan perlindungan atas hak asasi pribadi, golongan dan rahasia negara.” paparnya

Ia menambahkan, perencanaan yang baik dan transparan merupakan inti dari pengelolaan anggaran serta keuangan yang baik.

“Ditinjau dari manajemen strategis, perencanaan dan penganggaran daerah merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.”

“Pemerintah Daerah tidak akan dapat mengelola keuangannya secara efektif apabila sistem perencanaan dan penganggarannya tidak baik.” terang Herman.

Oleh karena itu, Dirinya berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan serius agar dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dari pelatihan tersebut.

“Semoga ilmu yang didapat bermanfaat dan dapat diterapkan saudara-saudara di tiap OPD masing-masing guna mewujudkan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Tangerang.” harap Herman.

Untuk diketahui, pelatihan yang digelar dari tanggal 29 November sampai dengan 3 Desember 2022 tersebut diikuti oleh 40 peserta yang merupakan pegawai bidang perencanaan dari tiap-tiap OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang.