Picu Banjir, Pengembang Tol JORR II Harus Bertanggung Jawab Perbaiki Saluran Air

Picu Banjir, Pengembang Tol JORR II Harus Bertanggung Jawab Perbaiki Saluran Air
Saat Meninjau Lokasi Banjir. Wali Kota Tangerang Harap Pengembang Tol Perbaiki Pembuangan Saluran Air. Rabu, (19/1). Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meninjau titik Banjir akibat dampak pembangunan Jalan Tol JORR II kecamatan Benda, Ia Harap Pengembang Tol segera memperbaiki semua saluran – saluran Pembuangan air.

Diketahui, banjir diakibatkan dari curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur sebagian wilayah Kota Tangerang malam lalu.

Sejumlah titik di wilayah Kecamatan Benda tergenang air atau banjir disebabkan saluran drainase Tol JORR II yang buruk dan tidak memadai. Pengembang harus bertanggung jawab.

Rabu (19/1/2022), Wali Kota bersama wakil Sachrudin didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Decky Priambodo serta Camat Benda Kota Tangerang Ahmad Suhaely berada di titik banjir.

“Sebelumnya wilayah di belakang Kantor Kecamatan Benda tidak pernah banjir, sekarang ada keluhan dari masyarakat yang menurut warga semenjak ada aktifitas Jalan Tol sekarang tempat tinggalnya jadi tergenang jika ada hujan lebat dan surutnya lama,” kata Arief.

“Saya dan teman – teman PUPR juga tadi meninjau titik banjir yang berada di belakang Kecamatan Benda, saluran air Jalan Tol ngebuangnya kepemukiman semua tidak terpisah pembuangannya akibatnya pemukiman disini tergenang air,” terang Dia.

Arief mengatakan Pemerintah Kota Tangerang akan segera berkoordinasi dengan pengembang Jalan Tol dan Kementerian PUPR guna mengatasi permasalahan banjir dampak dari Jalan Tol JORR II itu.

“Kami akan koordinasi segera dengan stakeholder terkait masalah banjir karena dampak dari Jalan Tol ini agar bisa sama – sama kita atasi,” tutur Arief

Ia juga berharap kepada pihak pengembang Jalan Tol untuk bisa memperbaiki semua saluran – saluran air yang tidak memadai tersebut agar menjadi memadai sehingga masyarakat tidak menjadi korban dan terdampak banjir.

“Kita tahu Jalan Tol ini memang untuk kepentingan pengembangan transportasi yang harus kita dukung bersama, tapi saya harap pihak terkait untuk bisa memperbaiki dampak yang ada, justru dengan pembangunan ini harusnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat bukan memperburuk kondisi lingkungan yang ada disekitar,” harap Arief

Lebih lanjut, Arief mengungkapkan Pemkot Tangerang telah membuka dapur umum dan posko banjir di wilayah Kecamatan Benda serta posko kesehatan untuk membantu warga yang terdampak banjir.

“Kami juga sudah menurunkan pompa banjir portabel agar air yang tergenang bisa segera surut, saya juga langsung instruksikan BPBD agar bantu warga yang rumahnya kebanjiran, kasian warga belum pada tidur karena banjir,” pungkas Arief.