Perumda Pasar NKR: Harga dan Stok Bahan Pokok Jelang Lebaran Stabil

Perumda Pasar NKR: Harga dan Stok Bahan Pokok Jelang Lebaran Stabil
Perusahaan Umum Daerah Pasar Niaga Kerta Raharja (Perumda Pasar NKR) Kabupaten Tangerang menyatakan harga dan ketersediaan bahan pokok, Foto. (Istimewa)

KABUPATEN,TANGERANG,Pelitabanten.com-Perusahaan Umum Daerah Pasar Niaga Kerta Raharja (Perumda Pasar NKR) Kabupaten Tangerang menyatakan harga dan ketersediaan bahan pokok dan sejumlah komoditi masih stabil.

Hal itu diketahui dari hasil pemantauan di sejumlah pasar tradisional. Direktur Operasional Perumda Pasar NKR H. Ashari Asmat mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan Perumda Pasar NKR menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) khususnya saat ini Hari Raya Idul Fitri.

Tujuannya untuk memantau harga-harga kebutuhan pokok khususnya sembako. Apalagi pasar-pasar tradisional banyak dikunjungi masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Dari hasil pemantauan kita hari ini bersama tim, untuk stok bahan pokok insya Allah aman dalam menghadapi hari raya idul fitri 1445 H, tetapi memang ada beberapa yang naik walaupun tidak signifikan,” katanya Pasar Cisoka, Rabu (03/04/24).

Beberapa komoditi yang mengalami kenaikan adalah bawang merah semula Rp28 ribu menjadi Rp 45 ribu per kg. Sementara harga daging segar saat ini masih berkisar Rp130 ribu per kg, daging ayam Rp45 ribu per kg, cabe rawit merah Rp35 ribu per kg, beras premium Rp15 ribu per kg, beras medium Rp12 ribu per kg, cabe merah keriting Rp35 ribu per kg.

“Selain itu, harga komoditi masih stabil, bahkan telor terjadi penurunan yang biasanya Rp30 ribu per kg, sekarang turun jadi Rp28 ribu. Mudah–mudahan ini juga bertahan,” ungkapnya.

Dia menyampaikan, kenaikan harga pangan wajar terjadi jelang hari Raya Idul Fitri karena adanya permintaan yang meningkat dari konsumen, kenaikan biaya distribusi dan psikologi pasar menjelang Hari Raya. Yang terpenting adalah ketersediaan atau stok yang mencukupi.

“Apabila ditemukan adanya harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan yang signifikan, maka pihak Perumda Pasar NKR akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait termasuk Bulog, dan bila diperlukan melaksanakan operasi pasar,” ujarnya.

H. Ashari Asmat mengimbau masyarakat tidak khawatir terhadap ketersediaan stok bahan pokok di pasar – pasar kabupaten Tangerang insya Allah semua stoknya aman untuk menghadapi har