Natal 2022, Seluruh Gereja di Kota Tangerang Disterilisasi

Natal 2022, Seluruh Gereja di Kota Tangerang Disterilisasi
Pengecekan Gereja-gereja di Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Guna memastikan Perayaan Natal di Kota Tangerang berjalan lancar dan aman. Polres Metro Tangerang Kota melakukan pengecekan, sterilisasi dan pengamanan di seluruh gereja yang ada di Kota Tangerang.

Kali ini, Polres Metro Tangerang Kota bersama petugas gabungan melakukan pengecekan ke Gereja Khatolik Hati Santa Perawan Maria, Kamis (22/12/2022).

“Beberapa hari ini Polri dan petugas gabungan sudah melakukan security assessment dan koordinasi dengan panitia di seluruh gereja di kota Tangerang. Terlebih mengecek langsung untuk melihat sejauh mana sistem pengamanannya, alur keluar masuk jamaat, titik parkir, termasuk kelengkapan sarana prasanan seperti CCTV, metal detector dan perlengkapan lainnya,” ungkap Kapolres.

Ia pun menyatakan, dari sejumlah gereja ada 12 gereja yang menjadi prioritas. Ini atas hitungan kerawanan lokasi gereja yang dipinggir jalan atau jumlah jemaat diatas 500 orang. Wilayah Kota Tangerang, dalam pengamanan Nataru ada 1.338 personil gabungan yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan lingkungan, lalu lintas hingga di seluruh gereja di Kota Tangerang.

“Dalam hal ini, Polres Metro Tangerang Kota beserta petugas gabungan memiliki 12 gereja prioritas. Di gereja ini, ada 31 petugas yang diturunkan dari Kepolisian, TNI dan Satpol PP dengan sistem pengamanan yang lebih ketat dan intens,” jelasnya.

Dalam sterilisasi gereja, Kepolisian juga melakukan koordinasi dengan petugas gereja untuk melakukan aturan kepada para jemaat. Diantaranya, tidak boleh membawa ransel, tidak membawa barang berbahaya serta tidak menggunakan earphone.

“Aturan ini harus dipatuhi bersama, saat pelaksanaan pun akan dilakukan sterilisasi yang cukup ketat oleh Polisi dan petugas keamanan gereja. Intinya, Operasi Lilin 2022 ini merupakan operasi kemanusiaan untuk umat kristiani dan masyarakat yang merayakan Natal. Ayo bekerjasama untuk melakukan pengamanan agar mereka aman dan nyaman selama beribadah,” imbaunya.