Melalui 1.000 Lubang, 28 KWT di Kota Tangerang Panen Raya

Melalui 1.000 Lubang, 28 KWT di Kota Tangerang Panen Raya
Panen Raya KWT Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (*/Adn)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang menggelar Panen Raya 1.000 lubang sayuran hidroponik dan Penjualan perdana sayuran yang dibudidayakan dengan metode hidroponik oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) se- Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Abduh hadir secara langsung meninjau lokasi budidaya dan ikut serta dalam proses panen raya di KWT Germas Implan Kelurahan Gandasari Kecamatan Jatiuwung Kota Tangerang, Rabu (6/7/2022).

“Ada 28 KWT yang sudah melakukan hidroponik, setelah ini harusnya semua bisa mengadaptasi,” ungkap Arief.

Arief menyampaikan budidaya hidroponik di lingkungan KWT perlu di kembangkan lagi khususnya kepada masyarakat luas agar kebiasaan urban farming ini bisa dilakukan di rumah masing-masing.

“Bertani itu sekarang semakin keren, caranya sudah mudah, asal ada kemauan,”

“Lingkungan kita sehat, tanaman kita subur, hidup kita juga jadi sehat karena bisa mengkonsumsi tumbuhan sayuran yang sehat hasil budidaya sendiri,”

Lebih lanjut, Wali Kota berharap berbagai hasil tani yang dipanen bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan menjadi nilai lebih bagi peningkatan ekonomi anggota KWT serta lingkungan sekitar.

“Semoga kerjasama dengan pasar lingkungan, restoran atau retail supermarket yang sudah terjalin ini bisa terus berkelanjutan dan membawa nilai tambah bagi ekonomi masyarakat,” tukas Wali Kota.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara hybrid yang juga diikuti oleh 114 Kelompok Wanita Tani se-Kota Tangerang. Sebanyak 28 KWT ikut melalukan panen raya sayuran Pakcoy dan Selada dari lokasi masing-masing dan 6 diantaranya telah melakukan pemanenan sebanyak 136,3 KG sayuran yang dijual kepada masyarakat sekitar.