Libatkan Masyarakat, Pemkot Tangerang Buka Workshop Tata Kelola Kolaboratif

Libatkan Masyarakat, Pemkot Tangerang Buka Workshop Tata Kelola Kolaboratif
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah secara virtual membuka Workshop Tata Kelola Pemerintahan Kolaboratif pada, Rabu (10/3/2021).

Menjadi landasan yang benar, penyelenggaraan pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang melibatkan masyarakatnya secara langsung dalam berbagai aspek.

Berlandaskan asas tersebut Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang bekerjasama dengan USAID Madani melakukan kerjasama dalam penguatan tata kelola pemerintahan kolaboratif dengan pelibatan organisasi masyarakat sipil (OMS) dalam membangun kota.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota menguraikan bahwa “Dalam menjalankan roda pemerintahan kami tidak dapat bekerja sendiri, harus ada kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat,” jelas Arief.

Upaya tersebut, tambah Wali Kota menjadi salah satu upaya optimalisasi peran organisasi masyarakat sipil dalam pembangunan kota.

“Beberapa diantaranya seperti keterlibatan masyarakat dalam pembentukan kampung tematik, kampung iklim serta berbagai kegiatan lainnya,” tuturnya.

“Intinya kita harus memupuk semangat berbuat sehingga apa yang diinginkan bisa terwujud. Bukan hanya semangat berbicara tanpa aksi,” imbuh Wali Kota.

Melengkapi itu, Kepala Bappeda Suggiharto Achmad Bagdja menyebutkan ia meyakini kegiatan ini bisa mengidentifikasi setiap permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan program yang telah dibuat oleh Pemkot Tangerang.

“Saya yakin jika masyarakat terlibat secara langsung, mereka bisa mengidentifikasi setiap permasalahan dan merumuskan bersama solusinya,” pungkas Ugi.