Kota Tangerang Raih Juara 1 Lomba P2WKSS Provinsi Banten

Kota Tangerang Raih Juara 1 Lomba P2WKSS Provinsi Banten
Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang Raih Juara Lomba P2WKSS tingkat Provinsi Banten. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA , Pelitabanten.com – Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang berhasil meraih juara satu pada lomba Peningkatan Peranan menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera () dalam rangka Ke-93 tingkat Provinsi , Rabu (15/12/2021).

Sanny Soniawan, Camat Neglasari menjelaskan diraihnya juara satu pada lomba P2WKSS tingkat Provinsi Banten, dikarenakan berbagai macam inovasi yang dihadirkan oleh bersama 100 Kartu Keluarga (KK) binaan di RW 10, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari.

“Saat tim verifikator datang, mereka melihat inovasi yang kami bentuk bersama. Mulai dari Sekolah Perempuan mewujudkan dan Cita-cita atau yang kami singkat sekoper harta. Ada juga angkringan cinta dimana program ini mengajak para wanita untuk melakukan skrining organ kewanitaannya,”papar Sanny.

“Selain itu, kami juga bentuk kader cilik yang berpatroli di lingkungan sekitar agar kebersihan tetap terjaga. Di sini juga ada taman baca yang terdapat kantin kejujuran. Serta Bapak-bapak juga kami buatkan program yaitu Bank Asik dimana para bapak membantu istrinya dalam rangka memberi ASI eksklusif. Sehingga tidak hanya ibu-ibunya aja yang punya program tetapi bapaknya anaknya semua kami buatkan program,” lanjut dia.

Hadirnya berbagai inovasi di RW 10, tentunya berkat pembinaan yang diberikan langsung oleh OPD dan stakeholder terkait di lingkup Pemkot Tangerang. Mulai dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh FKTS, baca tulis dan hitung oleh Dinas Pendidikan hingga peningkatan ekonomi dengan pelatihan produk bahan pangan lokal oleh DP3AP2KB

“Seluruh dinas yang ada di Pemkot Tangerang terjun langsung membantu kami, agar program P2WKSS ini berjalan dengan baik. Seperti Dinas Ketahanan Pangan (DKP) tentang Kelompok Wanita Tani (KWT), Disnaker pelatihan dan Dinas Lingkungan Hidup juga tentang bagaimana pengelolaan sampah,” ujar Sanny.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Neglasari, Hastuti Handayani pun berharap agar para wanita di Kelurahan Karang Sari bisa terus produktif dengan bekal ilmu yang diberikan pada saat pembinaan P2WKSS.

“Semoga penghargaan ini tidak sebatas seremonial saja. Kalo dilihat dari saat lomba tingkat kota sampai provinsi grafik disini semakin baik. Ada yang sudah mulai berjualan di status WhatsApp ada juga yang baru berani jualan di lingkungan sekitar. Semoga ini bisa jadi energi baru dalam peningkatan ekonomi warga RW 10,” harapnya.

Selain itu, untuk memastikan program P2WKSS berjalan dengan baik, TP PKK kecamatan dan kelurahan pun terus melalukan monitoring di wilayah RW 10, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari.

“Didukung dan didampingi Tim Penggerak PKK Kota Tangerang kami selalu melakukan monitoring, sehingga program yang telah berjalan bisa semakin maksimal dan berkelanjutan,” pungkas dia.