Kemenkominfo Kunjungi Pemkot Tangerang Perkuat Data Penerimaan STB

Kemenkominfo Kunjungi Pemkot Tangerang Perkuat Data Penerimaan STB
Kemenkominfo Kunjungi Pemkot Tangerang. Selasa (19/7). Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Dalam rangka memperkuat data penerima bantuan Set Top Box (STB) pada program Pemerintah Pusat di Kota Tangerang. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), di Ruang Tangerang Live Room (TLR), Selasa (19/7/2022).

“Kali ini, kunjungan kami untuk melihat proses pendataan yang dilakukan Pemkot Tangerang. Apakah kelengkapan data penerima sudah sesuai dengan yang dibutuhkan Kemenkominfo. Kita ketahui, Kota Tangerang menjadi salah satu kota yang cukup cepat melakukan pendataan, dengan itu kita ingin melihat secara jelas dan pasti bagaimana proses pendataannya,” ungkap M Adhi Utama, Direktorat Pengembang Pita Lebar, Kemenkominfo, usai kunjungan.

Ia pun menjelaskan, setelah pendataan kembali dimaksimalkan oleh Pemkot Tangerang, Kemenkominfo akan melakukan kunjungan kembali untuk proses sosialisasi pendistribusian set top box tersebut. Pasalnya, sebagian set top box akan didistribusikan secara door to door oleh Kementerian secara langsung.

“Kota Tangerang masuk dalam wilayah Nielsen atau wilayah dengan pemirsa TV yang cukup tinggi. Jadi, kami harapkan, Kota Tangerang dapat segera mempercepat pendataan penerimaan set top box. Karena targetnya Jabodetabek termasuk Kota Tangerang di 25 Agustus mendatang sudah Analog Switch Off (ASO),” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti menjelaskan saat ini Kota Tangerang sudah masuk dalam pendataan tahap dua. Dimana sebelumnya, pendataan permohonan bantuan set top box sudah ditutup pada 28 Juni, melalui permohonan di Sistem Aplikasi Bantuan Kota Tangerang (Sabakota).

“Per hari ini, permohonan bantuan set top box yang masuk ke Sabakota, sudah 4.000 lebih permohonan. Selanjutnya, jajaran wilayah yang akan melakukan verifikasi ke lapangan. Jadi, permohonan bantuan ini sudah kembali dibuka sebagai tahap dua hingga 26 Juli mendatang. Ini menjadi waktu perpanjangan dari Kementerian untuk Kota Tangerang lebih mengoptimalisasikan usulan bantuan set top box ini,” jelas Indri.