Kecamatan Pagedangan Gelar Musrenbang 2023, Ini yang di Prioritaskan

Camat Pagedangan, Akhmad Zainudin saat memberikan sambutannya di kegiatan Musrenbang 2023 di Kecamatan Pagedangan.
Camat Pagedangan, Akhmad Zainudin saat memberikan sambutannya di kegiatan Musrenbang 2023 di Kecamatan Pagedangan.

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com – Pemerintah Kecamatan Pagedangan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk Tahun 2023 di Aula Kantor Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Senin (24/01/2022).

Camat Pagedangan, Akhmad Zainudin mengatakan, penyelenggaraan Musrenbang tingkat Kecamatan ini dilakukan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan tingkat desa atau kelurahan di wilayah Kecamatan Pagedangan. Selain itu, Musrenbang ini juga bertujuan untuk menyepakati kegiatan yang akan menjadi prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Pagedangan.

“Ada banyak sekali daftar usulan pembangunan dari desa dan kelurahan di Kecamatan Pagedangan, namun kami pilah lagi hingga menjadi 50 program kegiatan yang kami jadikan prioritas,” ujarnya.

Untuk tahun 2022 ini, Kecamatan Pagedangan akan membangun sejumlah infrastruktur guna menunjang perekonomian warga. Seperti melakukan pemeliharaan jalan dan jembatan, pemeliharaan Penerangan Jalan Umum, dan juga melakukan pemeliharaan Perpustakaan Umum Daerah Kecamatan Pagedangan.

Selain itu, untuk tahun 2023, Pemerintah Kecamatan Pagedangan juga mengusulkan penambahan Puskesmas, relokasi sekolah SDN 1 Malang Nengah, penataan stadion mini, dan juga mengusulkan relokasi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

“Usulan tersebut memang kami sesuaikan dengan arah kebijakan pembangunan daerah Kabupaten Tangerang tahun 2023. Seperti pemantapan kualitas pendidikan dan juga pemerataan infrastruktur wilayah yang berkualitas,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang yang juga hadir dalam Musrenbang Kecamatan Pagedangan, Ilham Khair mengatakan dirinya sangat mendukung usulan-usulan yang akan menjadi prioritas di tahun 2023 mendatang.

“Kami dari DPRD dan Dapil VI Kabupaten Tangerang akan selalu mendukung apa yang menjadi dorongan untuk pembangunan di Kecamatan Pagedangan. Walau hanya dibatasi 50 program prioritas, kami akan terus mengupayakan untuk berkoordinasi dengan Perangkat Daerah terkait, contohnya untuk relokasi sekolah SDN 1 Malang Nengah, kami akan dorong Kepala Dinas Pendidikan agar hal ini dapat dijadikan skala prioritas pembangunan,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Yang harus diutamakan dalam musrenbang ini yakni kolaborasi, seluruh unsur yang ikut menyokong rencana pembangunan harus ikut mengawal program yang telah diusulkan,” lanjutnya.

Sebagai informasi, kegiatan Musrenbang tahun ini digelar secara tatap muka dan berbeda dengan tahun 2021 lalu yang dilaksanakan secara online dan hybrid. Meski begitu, kegiatan ini tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Turut hadir dalam kegiatan Musrenbang ini, anggota DPRD Kabupaten Tangerang Dapil VI, Kepala Bidang Penyusunan, Pengendalian dan Pelaporan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) beserta unsur Forkopimcam Pagedangan.(rls/red).