Kasi Pemerintahan Kecamatan Mauk Angkat Bicara Terkait Proyek Desa Ketapang

Kasi Pemerintahan Kecamatan mauk, Hj. Yuyun Hijjah, (dok ist)

KABUPATEN TANGERANG,Pelitabanten.com   –Pemerintah Desa Ketapang kecamatan mauk kabupaten tangerang membangun SPAL U-ditch (Saluran dari beton bertulang dengan bentuk penampang huruf U dan juga bisa diberi tutup),umum nya digunakan untuk saluran drainase atau irigasi. Senin (07/08/2023).

SPAL U-ditch desa ketapang berlokasi di kampung mesjid baru RT 016 RW 007 itu dibangun untuk menindak lanjuti usulan masyarakat setempat. Sebelumnya kondisi tersebut,tidak memiliki SPAL U-ditch sehingga menimbulkan ketidaklancaran dan mengalami sedikit banjir dikala musim hujan.

Sementara itu,kepala desa ketapang Umam mengatakan,” Fungsinya SPAL ini dibangun untuk mengalirkan air limbah rumah tangga, seperti sarana cuci tangan, kamar mandi, dapur, dan lain-lain,sehingga air limbah tersebut dapat mengalir ke tempat pembuangan yang aman atau dapat juga meresap ke dalam tanah dan tidak menyebabkan penyebaran penyakit serta tidak mengotori lingkungan sekitarnya,” ucapnya.

Lanjut kades, “Pembangunan SPAL U-Ditch tersebut merupakan usulan warga yang memang sejak lama dinginkan.Untuk itu ditahun ini pihaknya hanya bisa melanjutkan dan merealisasikan pembangunan tersebut guna untuk melancarkan saluran pembuangan air rumah tangga.”bebernya.

Pembangunan SPAL U-ditch di kampung mesjid baru RT 016 RW. 07 menggunakan anggaran dana desa (ADD) yang bersumber dari APBN tahun 2023.

Salah satu warga desa ketapang firman mengatakan,”Memang benar dulunya disini tidak ada saluran air dan sering banjir kalau musim hujan,dan saya ucapkan banyak terima kasih atas dibangunnya saluran ini, karena dengan saluran ini bisa memperlancar saluran air rumah tangga dan bisa menampung air hujan yang mengalir di kala di musim hujan.Dengan bangunan saluran ini warga masyarakat desa ketapang bisa merasakan manfaatnya,” ungkap firman.

Proyek SPAL U-ditch di desa ketapang, kampung RT 016 RW 007, Kecamatan Mauk,(dok ist)

Kasi Pemerintahan Kecamatan mauk Hj. Yuyun Hijjah menjelaskan, kegiatan monitoring ini mereka laksanakan di desa ketapang,dengan melakukan cek fisik untuk memastikan kesesuaian dengan fakta yang ada di lapangan.

Melalui cek lokasi mereka dapat memeriksa dan mengetahui sarana dan prasarana yang dibangun oleh pemerintah desa .Terkait kualitas dan sasaran pembangunan yang menjadi skala prioritas warga desa.

“Sarana dan prasarana yang dibangun pemerintah desa,baik itu akses jalan maupun irigasi seperti U-ditch saluran air semuanya adalah untuk menunjang kemajuan prekonomian dan kesejahteraan masyarakat.” kata Yuyun.

Lanjut, Yuyun mengungkapkan,”Kami pemerintah kecamatan tidak bosan-bosan untuk terus melakukan pengawasan serta pembinaan kepada pemerintah desa agar pelaksanaan kegiatan pembangunan yang bersumber dari dana desa tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.”

“Pembangunan sarana dan prasarana fisik harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat untuk mempercepat kemajuan desa.Karena setiap pembangunan fisik desa harus tertuang dalam RAB sesuai dengan hasil musyawarah desa dan masyarakat,” ungkapnya.