Jalan Bouraq Kota Tangerang Segera Dibangun, Fantastis Simak Biayanya?

Jalan Bouraq Kota Tangerang Segera Dibangun, Fantastis Simak Biayanya?
Diskusi dengan Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, DPRD Kota Tangerang dan Pengamat Kebijakan publik di Cipondoh. Rabu (16/3) malam. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Pemkot Tangerang akan segera membangun jalan raya Bouraq. Sebagai buntut dari pemberlakuan lalulintas satu arah pada Jalan Daan Mogot Kota Tangerang, Banten.

Alasan peningkatan jalan tersebut sebagai langkah untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan.

Tidak tanggung-tanggung, pembangunan jalan raya tersebut dianggarkan sebesar Rp 5,7 Miliar. Sebab di jalan tersebut kini dilewati kendaraan-kendaraan dengan tonase yang besar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono dalam diskusi publik yang diprakarsai oleh media Warta Kota dengan tema “Arah Perbaikan Jalan Berlubang di Kota Tangerang” dibilang Cipondoh, Kota Tangerang, Rabu (16/3/2022) malam.

“Terkait jalan Bouraq, akan ada peningkatan jalan pada anggaran tahun ini sebesar 5,7 M,” ujarnya.

“Itu (jalan) akan dimantapkan terkait proses sistem satu arah,” sambungnya.

Ruta mengatakan jalan rusak setiap 13 kecamatan di Kota Tangerang ada semuanya. Namun terdapat klasifikasi rusak jalan tersebut yakni rusak ringan, rusak sedang dan rusak berat.

“Rusak berat ada di Neglasari dan Benda. Ada lokasi jalan Juanda dan Garuda, sekitar 23 persen rusak berlubang,” katanya.

Pada 2020 lalu, Pemkot Tangerang melakukan pembangunan atau pengaspalan jembatan yang baru saja di bangun depan Pusat Pemerintah (Puspem) Kota Tangerang sudah mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut mengakibatkan jalan raya Kota yang berjuluk seribu industri sejuta jasa banyak yang berlubang.

Meski demikian, kata Ruta, jalan depan Puspemkot Tangerang terus dilakukan pemeliharaan. Sebab demikian, jika lubang-lubang tersebut dibiarkan akan berdampak besar, kepada pengguna jalan.

“Kemudian, terkait jalan seputar Puspemkot kita lakukan pemeliharaan. Karena bagaimanapun juga barang yang selalu dipakai akan dilakukan pemeliharaan. Salah satunya pemeliharaan yang berlubang. Karena kalau itu dibiarkan terlalu lama akan menjadi besar,” tambahnya.

Sebelumnya, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, mengatakan pihaknya akan melakukan peningkatan jalan Bouraq. Tidak hanya itu, akan ada penataan-penataan dan lain sebagainya.

“Tujuannya adalah bagaimana menjaga mobilitas masyarakat ini tetap lancar bisa pengaturan menggunakan lampu lalu lintas,” ujar Arief.

“Kemacetan sekarang lebih cair, roda bisa berputar. Kita mohon dukungan masyarakat pembangunan di Kota Tangerang bersama dukungan Forkopimda tujuannya adalah untuk kemaslahatan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangerang, Sumarti menegaskan, sebagai wakil rakyat di parlemen konsisten terus mengawasi kinerja Pemkot Tangerang. Sebab demikian misalnya jalan Burouq yang akan dibangun tersebut memakan anggaran yang cukup besar mencapai 5,7 M.

“Tadi sudah dijelaskan oleh pak kadis (Ruta), di jalan Burouq dengan anggaran 5,7 M. Tentunya kami sebagai dewan pasti akan mengawasi. Dan tentunya nantinya kita sama-sama mengawasi agar cepat terselesaikan,” tuntasnya.