Ikatan Alumni Universitas, Berkunjung ke Kawasan Urban Aquaculture Mangrove di Ketapang

Penanaman tembakau secara simbolis. Foto Pelitabanten.com (*/Ist)
Penanaman tembakau secara simbolis. Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com-Pengurus Pusat (PP) Ikatan Alumni Universitas Sumatera Utara (IKA USU) berkunjung ke Kawasan Urban Aquaculture  Ketapang yang berada di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Sabtu (14/1/2023).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Ketapang H Khatibul Umam berikut jajarannya, Bupati Kabupaten Tangerang yang diwakilkan Kepala Dinas Perikanan Zainuddin, Kapolsek Mauk Yono Taryono, Sekretaris Camat Mauk Saefullah, Danramil Mauk, Bhabinkamtibmas, Ketua umum PP IKA USU Romo Muhammad Syafei dan 200 peserta, Satpol PP, Linmas Desa Ketapang, Mantan Gubernur Sumatera, DPR RI.

Dalam acara tersebut, Kepala Dinas Perikanan Zainuddin mengatakan bahwa pada hari ini kami mendapat kunjungan dari Ikatan Alumni Universitas Sumatera Utara (IKA USU).

“Pada hari ini Urban Aquaculture Kawasan Ketapang mendapat kunjungan dari IKA USU untuk mempererat tali silaturahmi, sekaligus penamaan secara simbolis,” kata Kadis Perikanan Zainuddin.

Lanjutnya, ia menuturkan bahwa dirinya sangat senang dan bahagia karena mendapat kunjungan dan acara ini jelas bertujuan untuk meningkatkan kawasan pesisir pantai menjadi restorasi dalam peningkatan ekonomi.

“IKA USU juga ingin berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk selalu meningkatkan ekonomi masyarakat nantinya, ada sebuah program yang sudah direncanakan antara kedua belah pihak,” tuturnya.

“Mudah-mudahan kedepannya menjadi sebuah bentuk silaturahmi yang erat serta menjadi program yang berkelanjutan dan beberapa departemen juga bisa membantu Wisata Ketapang ini menjadi lebih spesial dan istimewa lagi,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketum PP IKA USU Romo Muhammad Syafei menyampaikan kegiatan kami di hutan mangrove ini penanaman tembakau dan melihat potensi apa yang kedepannya menjadi sebuah manfaat yang luar biasa.

“Kami ingin berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam arti sudah bertemu dengan Bupati Ahmed Zaki Iskandar, kami datang ke lokasi mangrove bertujuan juga untuk saling support baik secara tenaga dan pikiran,” ucap Ketum PP IKA USU Romo Muhammad Syafei kekepa wartawan.

Romo menambahkan, bahwa dirinya sangat mendukung apabila ada hal yang mungkin dibutuhkan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Provinsi.

“Selain dalam segi tenaga, pikiran, dan kami siap apabila dibutuhkannya angggaran dalam tingkat nasional,” ujar Romo.

Sementara itu, Kepala Desa Ketapang H Khatibul Umam mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang dan bangga mendapat kunjungan dari IKA USU.

“Saya sangat senang dengan kedatangan IKA USU, DPR RI, Mantan Gubernur Sumatera, Mahasiswa, Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Provinsi, yang siap bekerjasama dalam sebuah kegiatan tersebut,” ungkap Kades Ketapang H Khatibul Umam.

Tambahnya, ia menjelaskan kedatangan IKA USU ke Desa Ketapang bukan hanya silaturahmi saja, tetapi berencana untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Provinsi dalam penanaman di hutan mangrove yang berada di Kawasan Urban Aquaculture Ketapang.

“Tujuan mereka juga ingin tahu sejauh mana perkembangan pantai yang dianggap abrasi yang banyak manfaatnya yaitu dengan penanaman mangrove dan yang lainnya seperti tadi ditanami tembakau,” jelas Kades Ketapang H Khatibul Umam kepada Pelitabanten.com.

“Mudah-mudahan kedepannya Desa Ketapang ini menjadi lebih maju dan subur untuk masyarakat,  baik dari ekonomi serta lainnya,” imbuhnya.