Final Lomba Bertutur Tingkat Lurah, Ingatkan Sejarah Setiap Wilayah di Kota Tangerang

Final Lomba Bertutur Tingkat Lurah, Ingatkan Sejarah Setiap Wilayah di Kota Tangerang
Lomba Bertutur Tingkat Lurah Sekota Tangerang Secara Virtual. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Grand Final Lomba Bertutur tingkat Kepala Kelurahan se-Kota Tangerang secara virtual sebagai rangkaian memeriahkan peringatan HUT Kota Tangerang ke – 29 Tahun 2022. berlangsung Senin, (14/2/2022).

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah bersama wakilnya Sachrudin beserta Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman hadir sekaligus membuka acara tersebut.

Dalam kesempatannya, Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang yang sudah menggelar kegiatan itu dan juga kepada seluruh para peserta dan dewan juri yang turut serta ikut memeriahkan.

“Tanpa mengurangi nilai dan semangat kita dalam memperingati HUT Kota Tangerang ke 29, walau kegiatan lomba bertutur ini dilakukan secara virtual karena masih dalam masa pandemi Covid-19 tidak membatasi ekspresi dan potensi kita dan penuh semangat,”

“Mudah-mudahan dengan adanya lomba bertutur ini bisa menumbuhkan rasa sayang kita dengan kota Tangerang karena dengan bertutur ini kita mencoba kembali menggali asal muasal dan juga norma-norma kehidupan masyarakat,” ucap Arief

Lebih lanjut, Arief menuturkan bahwa dengan bertutur kita tidak hanya sekedar menyampaikan cerita, akan tetapi adanya nilai cerita yang bersejarah di masyarakat yang kita ketahui Kota Tangerang mempunyai berbagai suku, keyakinan dan kekayaan budaya.

“Cerita ini nantinya bisa kita wariskan kepada anak dan cucu kita bahwa Kota Tangerang mempunyai sejarah di setiap daerahnya,” tutur Arief

Di waktu yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang Meita Bachaerani menjelaskan lomba bertutur ini mengangkat tema “Menumbuh Kembangkan Identitas Kota Melalui Lomba Bertutur, Masyarakat Kota Tangerang Cerdas, Indonesia Maju”.

“Bertujuan untuk mengangkat dan mempopulerkan cerita asal muasal nama Kelurahan atau kampung di Kota Tangerang yang merupakan ajang para Lurah mensosialisasikan potensi dan visi misi pembangunan yang ada di Kelurahan kepada masyarakat Kota Tangerang,” tukas Meita Bachaerani

Sebagai informasi, Lomba Bertutur terdapat dalam beberapa kategori, yaitu Kategori SD/MI, SMP/MTS dan Kategori Kepala Kelurahan Se-Kota Tangerang, adapun Grand Final Lomba Bertutur Tahun 2022 ini dilaksanakan selama lima hari sajak tanggal 8 – 11 Februari 2022, sudah dilaksanakan kategori pelajar secara virtual menggunakan aplikasi zoom meeting, kegiatan ini dipandu oleh tiga dewan juri, diantaranya Pustakawan DPK Provinsi Banten dan unsur pendongeng penilai.