Diperindagkop UKM Gelar Bazar Sembako Jelang Puasa Ramadhan

Diperindagkop UKM Gelar Bazar Sembako Jelang Puasa Ramadhan
Diperindagkop UKM Kota Tangerang Gelar Bazar Sembako Jelang Puasa Ramadhan. Kamis (17/3). Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Disperindagkop UKM bekerjasama dengan Bulog, menggelar bazar sembako di tingkat kecamatan, yang akan berlangsung secara berkala.

Diketahui, ini merupakan program tahunan menjelang bulan puasa atau Ramadhan 1443 Hijriah. Hari pertama, bazar sembako berlangsung di Kecamatan Karawaci dan Periuk, Kamis (17/3/2022).

Kepala Disperindagkop UKM, Suli Rosadi mengungkapkan ada lima komoditi yang ditawarkan pada bazar pangan kali ini. Diantaranya, beras 5 kilo harga Rp58 ribu, 1 kilo Rp12 ribu, gula Rp12.500, minyak goreng dua liter Rp28 ribu, daging kerbau Rp77 ribu, dan tepung terigu Rp9 ribu.

“Untuk di Kecamatan Karawaci stok yang kita siapkan, besar 550 liter, gula 200 kilogram, minyak goreng 1.600 liter, daging 100 kilogram dan terigu 50 kilogram. Setiap kecamatan kita siapkan stok yang berbeda-beda. Pasalnya, setiap kecamatan punya luas kelurahan yang beda. Jadi kita siapkan sesuai kondisi dimasing-masing wilayah,” ungkap Suli, usai meninjau di Kecamatan Karawaci.

Ia pun menjelaskan, untuk 11 kecamatan lainnya diharapkan bersabar dan terus memantau informasi diberbagai sosial media Pemkot Tangerang, terkait lokasi dan waktu pelaksanaan di wilayah masing-masing.

“Kami pun berharap, masyarakat untuk tidak panik dalam berbelanja kebutuhan. Tidak melakukan belanja yang berlebih, hingga terjadi stok komoditi yang berlebih di banding biasanya. Semoga, dengan bazar sembako seperti ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dapur,” katanya.

Sementara itu, sejumlah komoditi yang ditawarkan diketahui juga banyak dijual dipasaran, tak terkecuali minyak goreng. Namun, para warga mengaku harga bazar sembako jelang Ramadhan ini lebih murah dibanding di pasaran.

Hal tersebut, seperti yang diungkapkan Ririh, warga Kecamatan Karawaci yang mengaku diwarung-warung dekat rumahnya minyak, gula, tepung dan lainnya memang tersedia. Namun, untuk minyak goreng dan tepung terigu memang lebih murah di bazar sembako jelang Ramadhan ini.

“Kalau di warung-warung dekat rumah minyak itu lagi mahal banget, jadi terbantu banget dengan adanya bazar seperti ini. Sama seperti dengan terigu, biasanya dipasaran sekitar Rp11 ribu, disini saya beli hanya Rp9 ribu. Semoga bisa digelar lagi bazar seperti ini,” katanya.