Dinilai Penyebab Banjir, Warga Pasirandu Desa Kadu Curug Gruduk Proyek Perumahan Cendana Park

Warga kampung Pasirandu saat mendatangi proyek pembangunan perumahan Cendana Park.
Warga kampung Pasirandu saat mendatangi proyek pembangunan perumahan Cendana Park.

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com – Warga kampung pasirandu Desa Kadu kecamatan Curug Kabupaten Tangerang menggeruduk proyek pembangunan perumahan Cendana Park yang dinilai telah menyebabkan banjir di wilayah kampung tersebut.

Agus perwakilan dari warga tersebut mengatakan bahwa semenjak adanya pembangunan perumahan Cendana Park di wilayahnya sering terjadi banjir.

Adapun yang terkena dampak banjir tersebut meliputi wilayah RT 1 sampai RT 5 RW 3, menurutnya yang lebih parah itu ada di wilayah RT 1 dan 2.

“Kami datang ke lokasi proyek ini dengan para tokoh RT/RW, Ini merupakan aksi spontan kekesalan kami, semenjak ada pembangunan Proyek perumahan Cendana Park di wilayah kami pasirandu barat sering terjadinya banjir,” tuturnya, Rabu (18/5/2022).

Ia menilai penyebab banjir tersebut dikarenakan pembangunan drainase yang di buat oleh perumahan tersebut tidak memadai. Menurutnya saluran air yang sebelumnya sudah ada, tidak dapat menampung debit air yang mengalir. Sehingga menyebabkan terjadinya banjir.

“Hasil pantauan kami dilapangan di proyek tersebut belum ada penampungan air atau saluran air, saat ini saluran air tersebut di alihkan ke sawah yang melintasi saluran air di pemukiman warga.” ungkapnya

Ia pun mengungkapkan tuntutan ke inganan warga yaitu di bangunnya drainase yang cukup besar, kalau bisa menyambung sampai ke drainase Tol Tangerang-Merak.

“Kami berharap pihak pengembang segera dapat mengatasi permasalahan banjir tersebut,” tuturnya

Ia pun menyayangkan tidak adanya perwakilan dari pihak Cendana Park yang tidak dapat di temui atas kedatangan para perwakilan dari masyarakat di sini.

“Kami sangat menyayangkan, tidak dapat bertemu dengan pihak pengembang yang berwenang, padahal kami baik-baik ingin menyampaikan aspirasi masyarakat yang terdampak banjir. Semoga kedepannya pihak dari pengembang dapat mau menemui kami, agar kami dapat menyampaikan aspirasi kami.” ungkapnya

Ia pun berharap semoga pemerintah birokrasi OPD terkait dapat turut membantu permasalahan banjir yang ada di Kampung Pasir Ranggu ini.

“Semoga pemerintah atau pun Dewan DPRD Kabupaten Tangerang yang ada di sini dapat terjun langsung melihat kejadian yang ada, agar dapat membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat yang ada di sini.” harapnya