Berjalan Kaki, Polisi Susuri Sudut Gereja-Gereja di Kota Tangerang

Berjalan Kaki, Polisi Susuri Sudut Gereja-Gereja di Kota Tangerang
Pengamanan di Gereja Santa Maria Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Guna memastikan Perayaan Natal di Kota Tangerang berjalan lancar, aman dan nyaman, Polres Metro Tangerang Kota melakukan pengecekan, sterilisasi dan pengamanan di seluruh gereja yang ada di Kota Tangerang.

Kali ini, anggota pos PAM Santa Maria Polres Metro Tangerang Kota dipimpin AKP Rosyid Sugimin, Padal kelompok B, IPDA Alex Rusman, bersama petugas gabungan melakukan pengecekan patroli dengan cara berjalan kaki menyusuri sudut yang tidak terjangkau, Jum’at (23/12) malam hingga Sabtu, (24/12/2022) pagi.

Kapolres Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menegaskan patroli jalan kaki dilakukan sejumlah anggota pengamanan Natal 2022, guna menjangkau lokasi-lokasi rawan potensi gangguan saat perayaan ibadah bagi umat Kristiani.

“Gereja Santa Maria berada di jalan Daan Mogot, Sukarasa, Kecamatan Tangerang, patroli dengan berjalan kaki guna menyusuri lokasi yang tidak terjangkau dan rawan potensi gangguan Kamtibmas,” tutur Zain.

Langkah proaktif yang dilakukan sejumlah anggota pos PAM Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, dalam beberapa hari ini dikhususkan pada gereja – gereja yang ada di seluruh Kota Tangerang.

“Dari 1.338 personil gabungan pengamanan. kita bagi menjadi Tiga Ring, yaitu Ring 1 tempat ibadah, Ring 2 halaman dan Pagar, Ring 3 diluar lokasi pagar dan Ring 4 masyarakat/orang diluar yang tidak melaksanakan ibadah,” papar Zain.

Seperti diketahui, ada 245 gereja di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota, ada 12 gereja yang menjadi prioritas berdasarkan hitungan kerawanan, diantaranya gereja yang berlokasi dipinggir jalan atau jumlah jemaat di atas 500. Kapolres menyebut giat yang dilakukan jajarannya bervariatif dan waktunya berbeda.

“Semoga situasi kondusif tetap terjaga di Kota Tangerang, kerjasama seluruh pihak kami harapkan, agar mereka (umat Kristiani, red) aman dan nyaman selama beribadah,” pungkas Zain.