Benyamin Lepas Ratusan Peserta Mudik Gratis Pemkot Tangsel

Benyamin Lepas Ratusan Peserta Mudik Gratis Pemkot Tangsel
Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie melepas ratusan peserta mudik gratis dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan.foto (dok istimewa)

TANGERANG SELATAN, Pelitabanten.com – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie melepas ratusan peserta mudik gratis dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Pelepasan dilakukan di Terminal Tipe C BSD, pada Kamis (04/04/2024).

“Semuanya tercatat kurang lebih 904 penumpang yang difasilitasi mudik gratis. Ini difasilitasi dari APBD murni, anggaran di Dinas Perhubungan Kota Tangsel,” ucap Benyamin.

Sebelum melepas kata Benyamin, ia menyampaikan bahwa kondisi bus yang digunakan dalam kondisi baik, karena telah dilakukan serangkaian pengecekan untuk memastikan bus layak digunakan.

“Busnya sudah dipastikan baik, sudah ramp check, pengemudinya juga sudah fasilitasi kesehatannya, bahkan sudah tes urine, semuanya negatif,” ujarnya.

Tak hanya itu, Benyamin juga berpesan agar para pemudik memastikan kondisi rumahnya yang ditinggali, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pastikan betul rumahnya terkunci, listrik dan lain-lain sudah aman, sudah dimatikan, sudah dicabut. Saya doakan mereka selamat sampai tujuan, dan kembalinya juga selamat lagi,” kata Benyamin.

Melihat antusiasme peserta mudik gratis, ia berjanji akan melanjutkan program ini di tahun selanjutnya.

“Jadi insyaallah tahun depan kita lanjutkan. Kalau tahun ini 17 bus, kita tambahkan anggarannya ya bisa untuk beberapa bus lagi. Kita lihat ya nanti yang paling banyak diminati daerah mana,” terangnya.

Sementara itu, disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Tangsel, Ayep Jajat Sudrajat mengatakan bahwa total peserta mudik yang berangkat sebanyak 904.

“Yang mendaftar itu lebih dari seribu, tetapi setelah kita verifikasi ulang yang bisa lolos itu, dalam arti kata lolos itu ada yang karena double dia daftar di Kementerian dan disini. Jadi yang bisa itu 904 peserta mudik gratis,” terang Kadishub Tangsel.

“Lebih lanjut, dari tujuan mudik gratis yang dibuka oleh Pemkot Tangsel, paling banyak ke arah Jawa Timur dan Jawa tengah,” tambahnya.

Bahkan kata dia, seluruh supir dan awak bus telah dilakukan pengecekan kesehatan termasuk tes urine. Serta melakukan ramp check untuk 17 bus yang digunakan mudik gratis.

Terkait keberlanjutan program mudik gratis kata Kadishub Tangsel, bahwa komitmen Wali Kota Benyamin Davnie untuk terus melanjutkan. Termasuk menambah kuota yang diberikan.

“Ini mudik gratis yang pertama dari Pemkot Tangsel sejak berdiri. tadi Pak Wali langsung on the spot ke bus, antusias mereka minta diadain lagi tahun depan, kuotanya ditambah. Bahkan pulangnya juga minta diakomodir. Insyaallah kalau kita ada anggaran, ada apa kita akomodir, kita kaji terlebih dahulu,” tutupnya.